5 Cara Membangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan

membangun komunikasi sehat dengan pasangan

Saling terbuka dan jujur pada pasangan merupakan ciri-ciri komunikasi sehat di dalam rumah tangga. Dalam pernikahan, komunikasi merupakan hal penting untuk keharmonisan dan kesuksesan dalam hubungan pernikahan.

Namun rupanya, terkadang kita tidak sadar bahwa pola komunikasi yang sehat belum terbentuk antara kita dengan pasangan. Sehingga kerap kali muncul salah paham akibat hal-hal kecil.

Lantas, bagaimana cara membangun komunikasi sehat dan efektif antara pasangan suami dan istri? Simak informasi selengkapnya berikut, yuk!

5 Cara Membangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan

1. Menasehati dengan baik

Komunikasi dengan pasangan memiliki caranya tersendiri. Misalnya saat pekerjaan rumah tangga menumpuk, jangan buru-buru melampiaskannya pada pasangan. Terlebih jika suami belum memiliki inisiatif untuk membantu pekerjaan rumah.

Jika dalam kondisi seperti ini, hindari memberikan sindiran terhadap suami. Karena menasehati dengan kalimat sindiran dapat membuat suami merasa diremehkan.

Sebaiknya gunakan kata-kata yang halus supaya maksud kita bisa tersampaikan pada suami.

Selanjutnya, berikan kata ‘terima kasih’ saat suami mau membantu kita mengerjakan tugas rumah.

2. Belajar mengungkapkan keinginan

Mengenal satu sama lain dengan baik penting dilakukan walah telah lama hidup bersama dalam rumah tangga. Karena proses mengenal pasangan itu seumur hidup.

Hidup lama dalam rumah tangga bukan berarti pasangan dapat memahami isi hati dan pikiran kita, terlebih jika tidak diungkapkan.

Maka itu, penting untuk mengungkapkan apa yang hati dan pikiran mau terhadap pasangan. Biasakan mengatakan ‘tolong’ juga dapat membantu. Hindari menebak-nebak, karena dapat membuat frustasi dan memicu salah paham.

3. Ungkapkan dengan cara yang mudah

Mengungkapkan apa yang kita inginkan kepada suami dapat menggunakan cara yang bisa mereka pahami. Misalnya dengan menyampaikan pada suami sesuatu dari sudut pandang kita.

Istri dapat mencoba menghubungkan situasi yang ingin disampaikan dengan situasi yang familiar dengan mereka. Gunakan contoh yang mudah mereka pahami.

4. Mengatasi konflik dengan keputusan bersama

Suami dan istri merupakan tim dalam rumah tangga, sehingga jika ada konflik maka harus bisa bekerja sama untuk mengatasinya.

Membuat keputusan bersama untuk memecahkan masalah dapat dilakukan dengan komunikasi, saling mendengarkan, dan memberikan empati.

5. Menambah ilmu tentang pernikahan

Menambah ilmu merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Walapun sudah menikah, suami dan istri tetap harus menambah ilmu terkait pernikahan dan rumah tangga.

Pasangan suami istri dapat mengikuti webinar pernikahan yang membahas mengenai topik populer mengenai rumah tangga. Mengikuti webinar pernikahan atau terkait dengan topik suami istri dapat membangun rasa kasih sayang dan empati.

Nah, itu dia beberapa cara membangun komunikasi sehat bersama pasangan dalam rumah tangga. Semoga membantu, ya.

 

Baca Juga Artikel

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk