5 Minutes Self Care, Singkat Namun Bermanfaat

self care

Bekerja, baik itu di kantor, di rumah, maupun di mana saja adalah aktivitas yang menguras banyak energi dan pikiran. Tidak jarang seseorang merasakan burn out karena beban kerja yang berat dan sedikit waktu yang tersedia untuk beristirahat. Terlalu banyak bekerja yang tidak diiringi dengan treatment diri yang baik dan juga self care tentunya tidak baik. Akibat yang bisa ditimbulkannya adalah badan menjadi lelah dan performa menurun, bahkan bisa berujung sakit dan harus dirawat di rumah sakit. 

self care

Nah, ketika merasa lelah dan suntuk di tengah aktivitas sehari-hari, ada baiknya kamu mengambil jeda sejenak untuk relaksasi dan menyegarkan diri, sekaligus memberi tubuh waktu untuk beristirahat. Tidak masalah meskipun jadwalmu sibuk, karena aktivitas self care ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Dijamin tubuh dan pikiranmu akan kembali fresh dan siap untuk kembali beraktivitas. 

Baca juga: Aktivtas Pagi Sambut Weekendmu

5 Aktivitas Self Care untuk Kembalikan Semangatmu

Ambil napas panjang

self care deep breath

Mengambil napas dalam terbukti dapat mengurangi stress dan membuat tubuh lebih rileks karena udara yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dan mampu menenangkan sistem saraf. Caranya cukup mudah. Yang pertama adalah ambil posisi duduk yang nyaman, letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada, lalu ambil napas perlahan melalui hidung hingga perut mengembang. Tahan beberapa detik, dan hembuskan pelan-pelan lewat mulut atau hidung. Ulangi teknik tersebut beberapa kali hingga tubuhmu terasa nyaman dan rileks.

Stretching

stretching

Terlalu lama duduk dapat membuat otot kaku dan badan pegal-pegal. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan stretching ringan untuk meregangkan otot dan juga sebagai sarana mengusir penat. Tidak memerlukan persiapan yang ribet, stretching atau peregangan juga dapat dilakukan ketika bekerja di kantor, lho. Bahkan ia tidak memerlukan space yang luas. Kamu bisa melakukannya di samping atau belakang meja kantor. Aktivitas ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi sakit punggung, sekaligus meredakan stress.

Minum air putih

drink water

Kalau kamu sudah merasa pusing dan sulit berkonsentrasi, itu tandanya kamu butuh asupan air putih karena kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu fungsi otak. Salah satu self care yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh agar tidak letih dan sakit. Contohnya adalah dengan minum air putih yang cukup, yaitu 1,5 – 2 liter per-hari. Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh akan membuat tubuhmu lebih bugar dan pastinya sehat, sehingga siap untuk beraktivitas kembali.

Jalan-jalan sejenak

refreshing

Berada di satu tempat yang sama dalam waktu lama serta mengerjakan aktivitas monoton dapat membuatmu suntuk dan mengantuk. Jika sudah begitu, kamu bisa beristirahat sejenak dan berjalan-jalan di sekitar ruangan, atau pergi ke luar untuk mencari suasana baru. Terkadang, ada hal menarik di sekitar kita yang tidak kita sadari karena diri kita sedang fokus bekerja. Bisa jadi, hal menarik tersebut dapat membuatmu tersenyum dan kembali bersemangat. Selain itu, melihat ke luar ruangan terutama tanaman hijau dapat membawa dampak positif seperti menyegarkan pikiran dan menenangkan jiwa.

Tidying up

tidying up

Beban kerja yang banyak ditambah dengan tempat kerja yang berantakan bisa membuat mood berantakan dan pikiran jadi ruwet. Untuk mengatasinya, ada satu jenis self care unik yang bisa kamu lakukan yaitu tidying up. Tidying up atau beres-beres yang ternyata bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang memunculkan rasa bahagia lho. Selain itu, beres-beres juga dapat meningkatkan fokus, mengusir stress, serta menjernihkan pikiran.

Nah, itu dia 5 self care singkat namun memiliki dampak signifikan yang bisa kamu lakukan untuk mengusir jenuh ketika bekerja. Mengejar target memang perlu, namun jangan lupa memberi tubuhmu waktu untuk beristirahat karena itu adalah salah satu cara untuk lebih mencintai diri sendiri. 

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk