Kenali 6 Jenis Sarang Burung Walet yang Ada di Pasaran

jenis walet

Saat mendengar kata sarang burung walet, umumnya orang-orang akan membayangkan jenis sarang burung walet yang berwarna putih, bentuk mangkok, dan harga selangit. Beberapa orang mungkin akan heran dengan warna dan bentuk sarang burung walet yang berbeda dengan sarang burung pada umumnya. Pada umumnya, sarang burung terbuat dari ranting dan daun-daun kering yang dikumpulkan oleh induknya sedangkan burung walet membuat sarang dari air liur mereka.

burung walet

JENIS SARANG BURUNG WALET

Ternyata walau sarang burung walet sama-sama terbuat dari air liur, mereka terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian jenis sarang burung walet umumnya berdasarkan warna dan bentuk yang dihasilkan. Perbedaan jenis-jenis sarang burung walet ini dipengaruhi beberapa faktor baik eksternal maupun internal. Selain itu, perbedaan jenis tersebut ternyata juga mempengaruhi harga jual yang beredar di pasaran, lho! Berikut enam jenis sarang burung walet yang biasa ditemukan di pasaran untuk referensi sebelum menentukan jenis mana yang mau dibeli, ya!

  1. Sarang Burung Walet Putih Bentuk mangkok

Warna putih memang merupakan warna yang umum pada sarang burung walet. Warna ini berasal dari warna asli air liur burung walet yang memang berwarna bening keputihan. Kumpulan air liur yang mengeras akan berubah menjadi menjadi sarang yang berwarna putih bersih. Sedangkan untuk bentuk yang menyerupai mangkok merupakan hasil dari air liur mereka yang memadat mengikuti dinding goa yang memang biasanya terdapat cekungan-cekungan.

Sarang burung walet jenis ini merupakan yang paling banyak ditemui di pasaran. Tidak heran jika jenis ini juga disebut sebagai sarang burung walet asli. Semakin rapi dan sempurna bentuk sarangnya maka harga jualnya akan semakin mahal. Jadi, sangat penting untuk tidak mengganggu burung walet saat mereka sedang membangun sarang. Karena kepopuleran dalam pasar dan juga harga jualnya, bentuk ini juga yang paling sering ditiru dalam ternak sarang walet.

jenis sarang burung walet mangkok

  1. Sarang Burung Walet Putih Bentuk Segitiga

Sarang burung walet dengan bentuk ini, terbentuk karena dari air liur mereka yang menempel pada sudut sudut rumah walet. Bentuk ini tidak sebesar dari bentuk mangkuk. Walaupun secara bahan, kedua jenis tersebut sama-sama dari air liur burung walet yang asli namun sarang bentuk segitiga cenderung memiliki harga jual yang lebih rendah dari bentuk mangkuk atau original.

jenis segitiga

(sumber: https://grandgifthealth.com/index.php/product/birds-nest-triangle-bn-tri-tri/)

  1. Sarang Burung Walet Patahan

Sarang burung walet bentuk patahan merupakan sarang yang didapat akibat dari patahnya atau rusaknya bentuk sarang dari bentuk asli. Kerusakan bentuk tersebut dapat berasal dari faktor alam maupun karena ketidakhati-hatian saat mengambil atau memanen sarang walet. Walaupun disebut patahan, bukan berarti sarang walet jenis ini berbentuk remahan, ya! Biasanya patahannya tetap memiliki bentuk tertentu dan cukup besar serta serat-serat yang lebih terlihat. Karena sudah rusaknya bentuk, maka tentu saja harganya sudah jauh lebih turun dari harga jenis mangkok maupun segitiga.

jenis patahan

  1. Sarang Burung Walet Strip

Tidak seperti namanya, sarang walet strip terlihat seperti mangkok-mangkok kecil. Namun, keseluruhan bentuknya tidak serapi sarang mangkuk original. Kata “strip” diambil dari tekstur sarang walet yang terlihat lebih renggang dan bergaris-garis. Sebenarnya jenis sarang strip ini tidak terlalu berbeda jauh dengan sarang walet patahan. Maka, tidak heran pula jika harganya pun rendah seperti harga sarang walet patahan. Namun, tidak perlu khawatir karena walaupun bentuk keduanya tidak secantik sarang walet mangkok, sarang walet patahan dan strip tetap kaya akan nutrisi yang beragam.

jenis strip

  1. Sarang Burung Walet Merah

Sarang burung walet merah merupakan sarang walet yang paling mahal dengan harga dapat menyentuh hingga Rp.100.000.000 per kilogram! Benar-benar harga yang fantastis untuk sebuah bahan makanan. Akan tetapi, harga yang selangit tersebut bukan berarti tanpa alasan. Sarang Walet Merah atau juga biasa disebut Xueyan di Tiongkok ini berasal dari darah burung walet sendiri. Beberapa pendapat mengatakan bahwa darah tersebut berasal dari darah di air liur karena burung walet tergesa-gesa dalam menyelesaikan sarangnya sebelum bertelur. Pendapat lain juga menyebutkan juga bahwa darah ini berasal saat burung walet bertelur.

Walaupun dengan harga yang benar-benar menguras kantong, peminat sarang walet merah ini tetap mengantri, lho! Apalagi dengan langkanya sarang walet jenis ini tersedia di pasar, konsumen semakin rebutan untuk membeli tidak peduli harga berapapun yang ditawarkan. Namun, sebaiknya kita harus berhati-hati pula saat akan membeli sarang walet merah karena banyak pula oknum-oknum nakal yang sengaja memberi pewarna makanan atau bahkan kotoran burung agar terlihat seperti sarang walet merah asli. Jadi, pastikan penjual sarang walet merah mentah maupun kemasan terpercaya, ya!

jenis sarang burung walet merah

  1. Sarang Burung Walet Hitam

Sarang burung walet hitam bukan berarti berasal dari air liur yang berwarna hitam atau zat apapun yang berasal dari zat yang berwarna hitam. Jenis yang berwarna hitam ini biasanya karena hampir separuh dari sarangnya tertutup oleh bulu hitam burung walet. Burung walet yang biasa meninggalkan bulu hitamnya adalah Aerodramus maximus. Biasanya sarang walet yang tertutup bulu akan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dijual. Namun, karena saking banyaknya bulu yang menempel di sarang walet, penjual kadang tidak dapat membersihkan bulu hingga 100% karena takut akan merusak kualitas dan bentuk sarang.

jenis sarang burung walet hitam

Nah, jenis-jenis sarang burung walet tersebut dapat menjadi referensi sebelum membeli. Setelah mengetahui jenis-jenis tersebut, kita bisa menentukan jenis sarang yang ingin dicoba atau sarang walet dengan harga yang sesuai dengan kantong. Namun, tidak perlu khawatir apabila hanya mampu untuk membeli sarang walet yang termurah di pasaran atau hanya bentuk olahan kemasan saja karena dengan harga yang termurah sekalipun, nutrisi dan manfaatnya tetap sangat kaya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis dan olahan sarang burung walet, ya!

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk