7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit.

Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk tubuh, blueberry dapat dijadikan tambahan nutrisi untuk membantu kulit tetap sehat dan awet muda.

Jadi makin penasaran dengan manfaat blueberry untuk kulit.

Melansir Healthline, berikut 7 manfaat blueberry untuk kesehatan kulit.

7 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Kulit

1. Mencegah penuaan dini

Blueberry kaya akan antioksidan, yang merupakan senyawa alami untuk melawan radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas dapat merusak sel.

Lebih khususnya, blueberry kaya akan senyawa tanaman yang dikenal sebagai anthocyanin. Anthocyanin memiliki sifat antioksidan kuat dan memberi blueberry rona ungu-biru yang alami.

Untuk diketahui, seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam melawan radikal bebas? Hal ini menyebabkan tingkat radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa permasalahan pada sel-sel kulit.

Paparan sinar UV matahari, asap rokok, polusi, dan pola makan yang buruk dapat meningkatkan produksi radikal bebas di kulit. Banyaknya radikal bebas dibandingkan antioksidan di ulit dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Nah, blueberry dapat meningkatkan asupan antioksidana untuk membantu mengurangi penuaan dini.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Blueberry juga dikaitkan dengan kesehatan jantung dan sirkulasi yang lebih baik untuk kesehatan kulit.

Jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

Mengonsumsi 148 gram blueberry per hari dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke kulit dan sel lainnya. Hal ini memungkinkan pergantian sel yang lebih cepat dan efisien untuk membuat kulit lebih sehat.

3. Meningkatkan kolagen secara alami

Dalam beberapa penelitian, antosiani dari buah beri dapat mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

Terlebih lagi, 148 gram menyediakan masing-masing 16% dan 19% dari kebutuhan vitamin C harian untuk laki-laki maupun perempuan. Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi kolagen, yang penting untuk kulit kuat dan sehat.

Walaupun beberapa buah lain memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, blueberry dapat ditambahkan ke beragam hidangan. Sehingga mudah untuk memenuhi kebutuhan harian.

Baca Juga: Manfaat Kolagen untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Membantu penyembuhan luka

Mengonsumsi blueberry dapat membantu penyembuhan luka, seperti luka bakar ringan, atau noda akibat bekas luka.

Blueberry kaya akan vitamin C dan K, yang keduanya penting untuk penyembuhan luka. 148 gram blueberry memiliki kandungan minimal 16% dan 24% dari kebutuhan harian untuk vitamin C dan vitamin K.

Selain itu, pada kulit rusak dapat mengalami peradangan akut dan stres oksidatif, yaitu ketika radikal bebas melebihi jumlah antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi dari blueberry dapat membantu melawan radikal bebas, berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan.

Namun, blueberry tidak untuk dioleskan langsung pada luka terbuka atau luka bakar, karena dapat menyebabkan infeksi bakteri.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kusam

5. Mengurangi peradangan jerawat

Jerawat merupakan kondisi peradangan kulit yang umum akibat pori-pori tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit atau kemerahan, bengkak, dan benjolan meradang yang disebut pustula, yang juga dikenal sebagai jerawat.

Blueberry memiliki manis alami dan sumber serat yang baik. Selanjutnya, blueberry merupakan sumber karbohidrat glikemik rendah, yang dikaitkan dengan jerawat yang lebih rendah. Sementara diet glikemik tinggi dikatikan dengan tingkat jerawat yang lebih tinggi.

Walaupun belum ada penelitian langsung yang menghubungkan blueberry dengan pengurangan jerawat, diet tinggi antioksidan dan serat keduanya ditemukan dalam jumlah tinggi dalam bluberry dikaitkan dengan penurunan peradangan dan dapat mengurangi pembengkakan terkait jerawat dan perubahan warna kulit.

Maka itu, memilih blueberry dapat memberi tambahan nutrisi untuk mendukung kesehatan kulit. Namun hindari mengoleskan blueberry langsung ke kulit yang dapat memperburuk jerawat.

6. Menyehatkan usus

Serat penting untuk usus yang sehat. Terdapat penelitian yang menunjukkan hubungan erat antara usus dan kesehatan kulit.

Ketidakseimbangan bakteri dalam usus, mungkin terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, rosacea, dan penuaan dini.

Blueberry merupakan sumber serat yang baik, yang dapat mendukung usus lebih sehat dan kulit yang berpotensi sehat.

Baca Juga: Segudang Khasiat Sarang Burung Walet, Layak Kamu Coba!

7. Membantu mengatsai psoriasis dan eksim

Psoriasis dan eksim merupakan kondisi peradangan pada kulit yang muncul sebagai bercak yang berubah warna dan disertai gatal. Orang dengan kondisi kulit ini memiliki tingkat antioksidan yang lebih rendah.

Diet kaya antoksidan diyakini berperan dalam mengurangi kambuhnya psoriasis dan eksim dengan menurunkan stres oksidatif. Namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Blueberry dapat menjadi antioksidan yang ditambahkan dalam menu makanan.

Coba mengonsumsi minuman serbuk kolagen darang burung walet Byunest, yuk. Di dalamnya terdapat kandungan blueberry yang baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Apakah kamu mau mencegah penuaan dini dengan Byunest?

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk