Asal-Usul Sarang Walet dan Manfaatnya untuk Kecantikan

birdnest

Sebagai salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan, sarang burung walet banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi salah satu panganan yang bernilai gizi tinggi. Sebelum marak dikonsumsi di era sekarang, sarang burung walet sudah terlebih dahulu populer sebagai makanan eksotis di kalangan masyarakat Tiongkok, termasuk di lingkup elit kerajaan. Namun ternyata, makanan yang harganya fantastis ini bukan berasal dari dataran Tiongkok lho. Lalu dari manakah asal-usul sarang walet?

Asal-Usul Sarang Burung Walet

Dikutip dari Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia, menurut sejarawan asal Melaka, asal-usul sarang burung walet mulai dikenal sejak Admiral Zheng He membawa makanan tersebut ke kerajaan Tiongkok sekitar abad 17 M.

asal-usul sarang walet dibawa zheng he

(sumber: Cheng Ho – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Pada awalnya, Admiral Zheng He bersama armada kapalnya yang sedang berlayar di lautterperangkap dalam badai topan. Akhirnya mereka mencari tempat berlabuh untuk berteduh di sebuah pulau di kepulauan sekitar peninsula Malaysia. Dengan bekal makanan yang minuman yang semakin menipis, Zheng He dan awak kapalnya berusaha mencari sesuatu yang bisa dimakan dan menemukan sarang burung walet di dalam goa. Mereka segera memasaknya menjadi sup sarang burung walet dan merasakan bahwa tubuh mereka menjadi fit dan bugar di keesokan paginya. 

Dari situlah akhirnya Admiral Zheng He memanen sarang burung walet yang tersisa dan menghadiahkannya ke raja Ming Chengzu dari Dinasti Ming (1368 – 1644 M). Sejak saat itu, sarang walet masuk ke jajaran kuliner populer di sejarah Tiongkok, meskipun beberapa sumber menyebutkan bahwa sarang burung walet telah diperdagangkan sejak era Dinasti Tang (618 – 907 AD) di kepulauan Borneo.

Sarang Burung Walet untuk Kecantikan

Nah, makanan yang terkenal dengan segudang khasiat untuk kesehatan ini ternyata juga mempunyai benefit untuk kecantikan lho. Bahkan, Traditional Chinese Medicine (TCM) memasukkan sarang burung walet dalam daftar herbal “food for skin” yang bermanfaat untuk menjaga kulit tampak awet muda, sehat, dan membantu melawan tanda-tanda penuaan. Maka tidak heran kalau sarang burung walet disebut-sebut sebagai resep rahasia wanita Asia agar tampak awet muda. Wuih, keren banget ya!

sarang burung walet untuk kecantikan

Lebih jauh, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kong et al. menunjukkan bahwa sarang walet memiliki faktor pertumbuhan epidermal (EGF). EGF berperan penting dalam memicu pertumbuhan sel di tubuh. Di sisi lain, panganan kaya nutrisi organik yang mengandung glyco-protein dan asam amino ini juga bermanfaat dalam peremajaan sel epidermis untuk menjaga elastisitas dan mencerahkan kulit.

 

Referensi:

Artikel & Berita – Sejarah Sarang Burung Walet – Artikel & Berita – Perkumpulan Pengusaha Sarang burung Indonesia. (n.d.). Retrieved December 7, 2021, from http://www.ppsbi.org/blog/detail/1. 

Kong, Y. C., Keung, W. M., Yip, T. T., Ko, K. M., Tsao, S. W., & Ng, M. H. (1987). Evidence that epidermal growth factor is present in swiftlet’s (Collocalia) nest. Comparative Biochemistry and Physiology Part B: Comparative Biochemistry, 87(2), 221–226. doi:10.1016/0305-0491(87)90133-7

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk