Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Puasa

cara meningkatkan imun tubuh saat puasa

Menjaga imun tubuh ketika puasa sangatlah penting. Imun tubuh yang bagus akan mencegah kita dari terkena penyakit. Ketika imun tubuh lemah, tubuh kita lebih beresiko terkena penyakit dan akan mengganggu jalannya ibadah puasa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara meningkatkan imun tubuh saat puasa.

Puasa berarti menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Artinya, selama itu pula tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Apabila tubuh kita kekurangan nutrisi, maka sistem imun bisa saja melemah. 

Sejatinya, puasa sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut harus kita imbangi dengan melakukan hal-hal lain agar tubuh kita tetap fit selama berpuasa. Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara meningkatkan imun tubuh selama puasa yang bisa kamu terapkan. 

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Puasa

1. Sahur dan berbuka dengan makanan bergizi

cara meningkatkan imun tubuh sahur sehat

Kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa harus dilengkapi saat sahur dan berbuka tiba. Karena pentingnya sahur, usahakan jangan sampai melewatkannya. Sahur berperan menyiapkan tubuh kita agar kuat berpuasa seharian. Puasa yang tidak diawali dengan sahur bisa menyebabkan tubuh lemas dan dehidrasi. 

Saat sahur, pilihlah menu yang sehat yaitu karbohidrat kompleks seperti oatmeal, beras merah, atau roti gandum. Karbohidrat kompleks bersifat lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi tubuh lainnya dengan buah dan sayur, daging, ikan, susu, dan air putih. Hindari minuman yang mengandung kafein dan soda karena akan membuat tubuh mudah dehidrasi.

Setelah berpuasa, kita harus segera mengganti energi yang hilang ketika berbuka. Konsumsi makanan yang manis seperti kurma, serta cukupi cairan tubuh dengan air putih. Pilih hidangan berbuka sehat yang kaya karbohidrat, protein, dan serat agar kebutuhan gizi tubuh tercukupi dengan baik. Tidak lupa untuk makan dan minum seperlunya saja agar perut tidak kembung dan kekenyangan. Terlebih setelah itu masih ada ibadah tarawih yang harus dijalankan. Jangan sampai apa yang kita makan malah membuat ibadah tarawih menjadi tidak khusyu’.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

minum air putih

Tidak terpenuhinya cairan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi mengakibatkan tubuh lemas, pusing, serta kulit jadi kering. Memenuhi cairan tubuh saat sahur dan berbuka adalah kuncinya. Rata-rata tubuh seseorang memerlukan 8 gelas air putih perharinya. Gunakan trik 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu tubuhmu mendapat asupan cairan yang cukup.

3. Lakukan latihan yang bisa menambah daya tahan tubuh

yoga

Puasa bukan berarti kita tidak bisa olahraga dan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Justru salah satu cara ampuh untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga berfungsi mengaktifkan sistem antioksidan dalam tubuh yang bertugas melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit berbahaya. Pilih aktivitas ringan seperti yoga, bersepeda, atau jogging dengan memperhatikan waktunya karena kita sedang dalam keadaan berpuasa.

4. Istirahat yang cukup

tidur malam

Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat. Tidur malam yang cukup berguna agar tubuh tetap fit dan sistem metabolismenya lancar. Jika tubuh kurang tidur maka akan beresiko terkena penyakit. Kebiasaan saat puasa yaitu makan sahur membuat pola tidur kita berubah. Supaya kebutuhan istirahat malam tercukupi, kamu bisa memulai tidur lebih awal dari biasanya. Istirahat yang cukup tidak hanya sebagai cara meningkatkan imun tubuh, namun juga menjadikan puasa berjalan lancar.

5. Kelola stress dengan baik adalah cara meningkatkan imun tubuh

bermain dengan kucing

Tahukah kamu bahwa stress dapat menimbulkan penyakit? Banyak penyakit berbahaya bermula dari stress yang tidak dikelola dengan baik lho. Oleh karena itu agar sistem imun kita meningkat, diperlukan manajemen stress yang baik. Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan juga, kamu bisa menenangkan diri dengan tilawah Al-Qur’an. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti bermain dengan kucing, merawat tanaman, menulis, atau membaca buku.

6. Mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh

vitamin c jeruk

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi di saat sahur dan berbuka, kamu bisa melengkapi dengan konsumsi vitamin. Vitamin yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh adalah vitamin C. Manfaat vitamin C untuk tubuh sangat beragam. Seperti menyembuhkan luka, melawan radikal bebas yang merusak sel, serta membantu produksi hormon dalam tubuh (Harvard School of Public Health). 

Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari buah dan sayur seperti jeruk, kiwi, tomat, stroberi, paprika, brokoli, dan kubis. Selain dari buah dan sayur, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin yang dijual di apotek dengan dosis yang tepat.

7. Konsumsi sarang burung walet

cara meningkatkan imun tubuh byunest

Banyak orang sudah merasakan manfaat sarang burung walet untuk meningkatkan imun tubuh. Sarang burung walet diketahui memiliki kandungan asam amino esensial, protein, dan mineral yang penting bagi tubuh. Kandungan pada sarang burung walet berperan meningkatkan kinerja organ tubuh. Meningkatnya kinerja organ tubuh akan meningkatkan imun tubuh pula. 

Nah, sarang burung walet sendiri menjadi kandungan utama pada Byunest. Byunest adalah minuman kolagen dengan sarang burung walet, kolagen salmon, glutathione, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi Byunest setelah makan ketika berbuka atau saat sahur ya.

 

Referensi:

Vitamin C | The Nutrition Source | Harvard T.H. Chan School of Public Health

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk