Intip Tips Memilih Sarang Burung Walet yang Berkualitas Yuk!

memilih sarang burung walet

Melihat peluang pasar sarang burung walet yang begitu besar, tidak heran jika ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan keadaan tersebut untuk mendapatkan untung yang lebih besar. Seperti contohnya ada yang menjual sarang burung walet grade rendah dengan harga sarang burung walet grade tinggi. Bahkan yang paling parah ada yang menjual sarang burung walet palsu. Sarang walet palsu memiliki sedikit campuran burung walet atau bahkan tidak ada sama sekali. Selain merugikan dalam hal dana, pembeli bisa saja dirugikan dalam hal kesehatan apabila salah memilih sarang burung walet yang tidak baik atau bahkan yang palsu di mana terdapat bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh. Nah, untuk menghindari hal-hal berikut, yuk intip enam tip memilih sarang burung walet berikut!

Memilih Sarang Burung Walet

  1. Memilih Sarang Walet dengan Serabut Tebal dan Padat

memilih sarang burung walet serabut tebal

Sarang burung walet bentuk mangkok yang merupakan sarang burung walet yang paling yang memiliki harga paling tinggi di pasaran selain sarang burung walet merah umumnya memiliki serabut yang tebal dan padat. Oleh karena itu, apabila hendak membeli sarang burung walet bentuk mangkok maka pastikan serabut yang dimiliki tebal dan padat. Selain itu, penting juga untuk mengetahui harga sarang burung walet berbagai jenis di pasaran. Jangan sampai kita mendapati sarang burung walet dengan serabut renggang dan tipis namun penjual menawarkan harga yang tinggi seperti harga sarang burung walet kualitas bagus.

Baca juga: Kenali 6 Jenis Sarang Burung Walet yang Ada di Pasaran

  1. Kenali Grade-Grade Kualitas Sarang Burung Walet

grade sarang burung walet

Selain dibedakan dengan berbagai bentuk dan warna, sarang burung walet juga dibagi-bagi sesuai dengan kualitas yang mereka miliki. Kualitas sarang burung walet ditentukan dengan jumlah perbandingan antara air liur burung walet dan bulu atau komponen lain yang menempel atau tercampur di dalamnya. Grade kualitas sarang burung walet dibagi menjadi tiga yaitu sarang burung walet premium, sarang burung walet utama, dan sarang burung walet rumput.

Sarang burung walet premium terbuat dari hampir 95% air liur dan 5% saja bulu, debu, atau sampah lain. Hal ini merupakan perbandingan tertinggi air liur dalam sarang burung walet.  Sebabnya hampir tidak mungkin untuk mendapatkan sarang walet yang benar-benar 100% air liur baik yang liar maupun budidaya. Kemudian ada sarang burung walet utama dimana 50% terdiri dari air liur walet dan 50% sisanya terdiri dari bulu, deu, atau sampah lain. Saat akan mengkonsumsi jenis ini maka kita sudah harus bersiap dalam proses pembersihan dan pengolahannya, ya! Kemudian yang terakhir terdapat sarang burung walet rumput. Mirip seperti namanya, sarang burung walet ini terdiri dari 95% bulu, debu, atau sampah lain dan 5% saja yang terdiri dari air liur walet. Walaupun dijual dengan harga yang lebih murah, membersihkannya merupakan PR tersendiri. Jadi, sebelum sebelum membeli kita dapat bertanya terhadap penjual tentang kualitas manakah sarang burung walet yang akan kita beli.

  1. Warna Putih Ivory

warna putih ivory birdnest

Seperti yang kita tahu bahwa sarang burung walet secara umum berwarna putih. Sarang burung walet merah dan emas cukup langka ditemukan dibanding sarang burung walet yang berwarna putih. Namun, sebenarnya putih yang seperti apa sih? Warna putih yang dimiliki sarang burung walet dengan kualitas yang baik adalah warna putih ivory dan bukan warna putih yang benar-benar bersih seperti warna putih kertas. Warna putih menandakan bahwa tidak ada mineral dari gua yang terserap di dalamnya sehingga aman untuk semua orang. Apabila warna putih yang dimiliki secerah warna putih kertas maka ada kemungkinan bahwa warna tersebut hasil rekayasa. Bisa jadi warna tersebut adalah pewarna makanan ataupun bleaching yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi. Jadi, pastikan kita tahu warna putih seperti apa , ya!

  1. Lingkungan dan Asal

lingkungan walet

Sarang burung walet dapat didapatkan dari gua langsung tempat asli di mana burung walet biasa bertelur dan juga dari tempat budidaya. Kedua jenis ini umumnya tetap memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sama. Sarang burung walet yang didapat dari gua biasanya mengandung mineral-mineral asing yang berasal dari lingkungan gua. Namun jangan khwatir, umumnya mineral-mineral tersebut masih aman untuk dikonsumsi manusia. Sedangkan, sarang burung walet hasil budidaya memiliki kandungan yang lebih stabil. Sarang jenis ini tidak tercampur dari senyawa eksternal karena tempat budidayanya terjaga. Perbedaan lainnya adalah umumnya sarang burung walet alam lebih padat daripada sarang burung walet budidaya. Walaupun sarang burung walet alam biasanya memiliki kandungan senyawa lain namun harganya di pasaran lebih tinggi dari sarang burung walet budidaya. Terbukti pula dengan sarang burung walet emas dan merah yang harganya jauh lebih tinggi dari sarang burung walet pada umumnya.

  1. Kemekaran Sarang Burung Walet

kemekaran birdnest

Sebelum mengolah sarang burung walet, biasanya kita harus merendamnya terlebih dahulu di dalam air agar lebih mudah untuk dipisah-pisah seratnya dan juga menghindari hancur saat dimasak. Saat direndam dalam air pastikan bahwa serat sarang burung walet mekar perlahan-lahan dan semakin mengembang secara perlahan pula. Perlu diketahui bahwa sarang burung walet dengan kualitas yang baik tidak mudah untuk robek atau hancur. Selain itu, walaupun direndam lama dalam air, sarang burung walet tidak akan memengaruhi warna air. Maka dari itu apabila sarang burung walet yang direndam dalam air mudah hancur atau air berubah menjadi keruh maka ada kemungkinan bahwa sarang burung walet tersebut berkualitas buruk atau bahkan palsu.

  1. Aroma

Seperti yang kita tahu bahwa sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet sendiri. Semakin banyak air liur yang membentuk sarang walet maka semakin tinggi atau bagus pula kualitas yang dimiliki. Air liur inilah yang akan menghasilkan aroma sedikit amis seperti aroma putih telur pada sarang burung walet. Apabila sarang burung walet tidak berbau amis atau bahkan malah berbau seperti bahan kimia dan plastik maka perlu berhati-hati karena bisa saja sarang burung walet tersebut berkualitas rendah atau palsu.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri sarang burung walet yang baik dan juga tip-tip untuk memilihnya maka jangan sampai keliru lagi, ya!

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk