Manfaat Sarang Burung Walet untuk Ibu Hamil

sarang burung walet ibu hamil

Sarang burung walet merupakan salah satu makanan dengan harga menguras kantong namun tetap diburu oleh konsumen. Hal tersebut karena sarang burung walet memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, zat besi, kolagen, asam amino, antioksidan, kalsium, dan serat. Bahkan di Tiongkok, olahan sarang burung walet sangat populer secara umum karena dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan kekuatan imunitas tubuh. Namun, walau sudah terbukti kaya akan berbagai nutrisi, masih banyak ibu-ibu hamil yang ragu akan keamanan sarang burung walet untuk dikonsumsi selama masa kehamilan baik dalam bentuk olahan langsung maupun olahan kemasan.

sarang burung walet

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Ibu Hamil

Sekarang, ibu-ibu hamil tidak perlu khawatir lagi karena sarang burung walet sepenuhnya aman bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan seperti yang disampaikan oleh Kellie Kong selaku Ahli Gizi Departemen Nutrisi dan Pola Makan di Rumah Sakit Wanita dan Anak KK melalui Health x Change Singapore. Lalu manfaat apa saja sebenarnya yang diberikan sarang burung walet kepada ibu hamil? Benarkah bahkan sarang burung walet dapat menambah kecerdasan otak bayi jika dikonsumsi selama masa kehamilan?

Mengurangi Adanya Stretch Mark

Kolagen merupakan salah satu nutrisi yang terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti membuat kulit menjadi lembut dan kencang. Sarang burung walet sendiri memiliki kandungan yang cukup tinggi hingga membuatnya cukup populer dalam menjadi kandungan di berbagai produk skincare.

Bagi ibu hamil sendiri hal yang menjadi bahan kekhawatiran selama dan setelah hamil adalah salah satunya stretch mark. Stretch mark yang muncul di perut, paha, lengan atas, dan bagian tubuh lainnya membuat para wanita memutar otak untuk menghilangkan guratan-guratan tersebut. Mengonsumsi sarang burung walet selama kehamilan dapat menjadi solusi bagi ibu hamil dalam mencegah terbentuknya stretch mark. Selain itu, stretch mark yang terbentuk setelah melahirkan dapat juga dipudarkan dengan kandungan kolagen yang ada pada sarang burung walet.

manfaat sarang burung walet mengurangi stretch mark

Solusi Pre-Eklampsia

Pre-eclampsia merupakan suatu keadaan adanya komplikasi kehamilan dengan gejala seperti darah tinggi dan kerusakan organ seperti ginjal dan hati. Pre-eklampsia sendiri belum diketahui pasti apa penyebabnya. Sejauh ini hanya ada dugaan bahwa pre-eklampsia disebabkan oleh kelainan perkembangan dan fungsi pada plasenta. Kandungan glycine yang ada pada sarang burung walet dapat menjadi salah satu kandungan pada sarang burung walet bermanfaat untuk mengurangi resiko pre-eklampsia.

Membantu Mengatasi Baby Blues dan Depresi Post-Partum

Baby Blues merupakan kondisi yang biasa dialami oleh ibu setelah melahirkan dimana ibu biasa menjadi gelisah dan sedih secara berlebih. Baby blues ini umumnya dipicu oleh adanya rutinitas dan peran baru dalam hidup mereka. Para ibu umumnya mengalami baby blues pada 14 hari pertama setelah melahirkan.

Sedangkan depresi post-partum adalah kondisi yang lebih parah dari baby blues dan juga berlangsung lebih lama sekitar 3-6 bulan setelah melahirkan bahkan ada yang hingga satu tahun. Pada kondisi ini ibu sudah merasa putus asa dan merasa gagal menjadi ibu.

Selain dukungan dari suami dan pihak keluarga, mengonsumsi olahan sarang burung walet dapat membantu meringankan baik baby blues maupun depresi post-partum. Hal tersebut karena di dalam sarang burung walet terdapat zat triptofan yang merupakan bahan pembentuk serotonin and melatonin yang merupakan anti depresan.

manfaat sarang burung walet mencegah post partum

 Meningkatkan Fungsi Otak Anak

Asam Sialat dikenal para ibu sebagai salah satu kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Walaupun sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bukti konkret bahwa mengkonsumsi sarang burung walet dapat membuat bayi menjadi “pintar“, bukan berarti asam sialat tidak bermanfaat sama sekali untuk dikonsumsi demi kesehatan bayi. Melalui konsumsi sarang burung walet sejak masa kehamilan maka kandungan asam sialat sudah akan terkandung dalam ASI bahkan dari ASI saat masa awal menyusui. Konsumsi asam sialat sejak dini yang diimbangi dengan melatih otak bayi dengan berbagai aktivitas akan menjadi paket lengkap meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak anak.

Meningkatkan Energi

Morning sickness yang biasa terjadi selama masa kehamilan memang kadang menjadi momok tersendiri bagi ibu hamil muda. Muntah dan mual yang menjadi hal utama morning sickness membuat ibu hamil tidak nafsu makan dan lemas sepanjang hari. Kendati demikian, ibu hamil tetap harus berusaha makan agar tubuh memiliki sumber energi dan demi bayi yang ada di dalam kandungan. Namun, tenang saja kekhawatiran tidak terpenuhinya nutrisi selama periode morning sickness dapat dibantu atasi dengan mengkonsumsi sarang burung walet. Berbagai nutrisi yang terdapat dalam sarang burung walet membantu untuk peningkatan energi bagi ibu hamil. Jadi, walaupun mengonsumsi dalam jumlah kecil akan sudah sangat membantu dalam pemberian energi tubuh. Akan tetapi, ibu hamil jangan lupa untuk tetap memiliki pola makan yang seimbang, ya!

ibu hamil makan bergizi

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kuatnya imun dan tubuh yang sehat merupakan hal yang sangat vital bagi ibu hamil. Karena, seperti yang biasa orang bilang “tubuh kita bukan hanya milik kita saja”. Apalagi saat periode morning sickness, tubuh ibu hamil menjadi cenderung lebih lemah karena terbatasnya nutrisi yang masuk. Kekayaan nutrisi dalam sarang burung walet dapat menjadi sumber utama dalam meningkat imun tubuh secara keseluruhan. Ibu yang memiliki imun kuat tentu akan menghasilkan ibu yang sehat pula dan ibu yang sehat akan menghasilkan bayi yang sehat.

Mengembalikan Tubuh ke Bentuk Semula

Selama kehamilan, sang ibu biasanya mengonsumsi jumlah makanan lebih banyak dari pada saat sebelum ia hamil. Walaupun, hitungannya memang yang “makan” adalah dua orang, ibu hamil tetap tidak dapat menghindari penambahan berat badan. Jika, ibu hamil ingin berusaha mempertahankan bentuk badan setelah melahirkan nanti, maka sarang burung burung walet dapat menjadi solusinya. Pasalnya, sarang burung walet rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Jadi, nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi tetapi tidak sampai menimbun lemak berlebih di tubuh.

mengembalikan bentuk tubuh

Nah, jadi ibu-ibu hamil sudah tidak perlu khawatir lagi ya mengenai keamanan konsumsi sarang burung walet selama masa kehamilan. Selain aman, sarang burung walet, baik olahan langsung maupun kemasan, juga mempunyai berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi ibu dan bayi. Namun, tentu ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter apabila masih ragu atau memiliki keadaan medis tertentu, ya!

 

Referensi:

Kong, Kelly. Health X Change. Singapore. ​https://www.healthxchange.sg/women/pregnancy/ask-specialist-diet-nutrition-pregnancy#:~:text=Bird’s%20nest%20is%20believed%20to,be%20to%20consume%20during%20pregnancy.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk