Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

manfaat vitamin c

Sebagai bagian tubuh terluar, fungsi kulit sangatlah esensial. Tidak hanya menjadi pelindung organ dalam, kulit juga berperan dalam mengatur suhu tubuh dan membantu manusia mengenali rangsangan. Kulit membutuhkan nutrisi agar tetap sehat seperti asam lemak, mineral, protein, dan berbagai vitamin. Salah satu vitamin yang penting bagi kulit serta banyak manfaatnya adalah vitamin C atau dikenal sebagai asam askorbat. 

Vitamin C banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran hijau. Jeruk, stroberi, paprika, dan kembang kol adalah contoh dari makanan yang banyak mengandung vitamin C.

buah mengandung vit c

Selain dipengaruhi dari dalam, kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh faktor eksternal. Polusi seperti debu dan asap, suhu, dan paparan sinar UV adalah faktor penentu bagaimana kondisi kulit kita. Misalnya sinar UV, ia akan membentuk radikal bebas dan mengakibatkan kerusakan sel. Selain itu, sinar UV juga menimbulkan kulit terbakar, penuaan, bintik hitam, hingga menjadi penyebab kanker kulit.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga agar kulit tetap sehat agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. 

Vitamin C sendiri banyak ditemukan di produk kecantikan seperti skin booster, krim, serum, bahkan terdapat pula suntik vitamin C untuk menjaga kecantikan kulit. Nah, lalu apa saja sebenarnya manfaat dari vitamin C?

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Perlindungan dari paparan sinar matahari dan sinar UV

manfaat vitamin c

Vitamin C adalah antioksidan yang berperan dalam menangkal dampak buruk sinar matahari, termasuk UV A, UV B, dan radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan kulit serta menyebabkan penuaan dini. Antioksidan pada vitamin C akan mengikat energi yang digunakan untuk pembentukan radikal bebas sehingga reaksi oksidasinya berhenti (Kembuan, 2012). Dengan vitamin C, kulit akan lebih sehat dan terjaga, serta menurunkan resiko terkena kanker kulit.

Baca juga: Vitamin C sebagai Antioksidan

Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Mengonsumsi vitamin C dapat mengikat radikal bebas dan melindungi asam amino yang bertugas dalam produksi kolagen dan elastin (Kembuan, 2012).  Sehingga dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin maka produksi kolagen akan semakin meningkat. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga elastisitas tubuh, membuat kulit kencang dan kenyal, serta mencegah penuaan dini dengan mengurangi kerutan halus di wajah. 

Mencerahkan kulit

mencerahkan kulit

Setiap orang mendambakan kulit yang sehat dan cerah, bebas dari kusam. Salah satu manfaat vitamin C adalah membuat kulit lebih cerah dengan cara mencegah pembentukan melanin dan mengubah melanin bentuk teroksidasi menjadi melanin bentuk tereduksi yang berwarna lebih pucat (Kembuan, 2012). Dengan begitu, menggunakan produk kecantikan dengan kandungan vitamin C dapat membantu mencerahkan wajah dan mengatasi hiperpigmentasi.

Mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun kamu juga perlu memperhatikan dosis yang dianjurkan karena konsumsi berlebih dapat menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh.

 

Referensi:

PERAN VITAMIN C TERHADAP PIGMENTASI KULIT | Kembuan | Jurnal Biomedik : JBM (unsrat.ac.id)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk