Mengenal Sarang Burung Walet, dari Jenis Hingga Lama Panen

mengenal sarang burung walet

Byutiest, sudah pernah tahu tentang sarang burung walet? Yuk coba mengenal sarang burung walet dan cek seberapa penting sih burung walet ini sehingga jadi komposisi utama di produk Byunest!

Mengenal Sarang Burung Walet

mengenal burung walet

Burung walet yang memiliki nama latin Collocia vestila merupakan burung yang termasuk dalam kategori burung pemakan serangga. Selain itu, burung walet juga suka meluncur. Memiliki warna gelap, dapat terbang dengan cepat dengan ukuran tubuh sedang/kecil, dan bersayap sabit yang sempit serta runcing. Khusus walet hitam, panjangnya tidak terlalu besar, yaitu sekitar 13 cm.

Habitat Burung Walet

Mayoritas burung walet ditemukan di goa-goa. Burung walet dianggap sebagai satwa legendaris di kalangan masyarakat Indonesia karena diyakini mampu memberikan pengaruh untuk kesehatan lho, Byutiest! Terutama untuk kesehatan kulit nih. Marliena Suwito, CEO 7 Star Bird’s Nest & Heavenly Nest pun menyatakan selain memiliki rasa yang enak, sarang burung walet ternyata juga kaya akan kandungan protein, antioksidan tinggi, kalsium, dan kolagen yang berperan penting dalam proses regenerasi sel kulit dari dalam. Bahkan, minuman dari sarang burung walet dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil juga karena dipercaya membantu menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan, mulai dari kulit bayi yang lebih halus, sehat, dan bersih hingga memperbaiki daya tahan tubuh, memperbaiki paru-paru, serta memperbaiki regenerasi sel kulit bayi. 

Goa sebagai Habitat Burung Walet

Karena banyaknya manfaat burung walet tersebut, permintaan konsumen pun meningkat sehingga beberapa daerah bahkan sudah menggalakkan budidaya sarang burung walet dan menjadikannya sebagai mata pencaharian utama, meskipun harga sarang burung walet yang didapat dari habitat asli yaitu goa dan perbukitan tetap lebih baik secara kualitas.

habitat walet

Tentu bukan tanpa alasan kualitas sarang burung walet yang baik ini lebih banyak ditemukan di habitat aslinya yaitu goa-goa. Suhu dalam goa berkisara 26 sampai dengan 30 derajat celcius. Selain itu, tempat tersebut mempunyai kelembaban udara sekitar 80 sampai dengan 90 persen. Tidak hanya itu, goa menjadi habitat favorit burung walet karena burung walet akan lebih mudah dan dekat ketika mencari makanannya. Kemandirian walet yang sudah terlatih untuk belajar menangkap makan sendiri sambil terbang menjadi faktor unik yang memudahkan peternak walet nih sepertinya, Byutiest! Serangga yang menjadi makanannya pun bukan serangga serambangan. Semut bersayap, kumbang, laron, lalat, tanaman, belalang dan segala serangga yang memiliki sayap bening menjadi santapan favorit walet.

Iklim jadi Penentu Perkembangbiakan Burung Walet

Karena selektifnya walet ini, belum tentu setiap daerah bisa menjadi tempat budidaya dan berkembang biak untuk walet, lho. Kondisi iklim dan geografis Jawa misalnya. Polusi udara, penebangan hutan, dan segala jenis pencemaran alam membuat ekosistem burung walet terganggu. Beda halnya dengan daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua yang menjadi pusatnya budidaya burung walet. Daerah daerah ini belum banyak terjamah tangan manusia sehingga masih sangat memungkinkan budidaya walet yang optimal. 

Nyaman dan aman juga menjadi faktor utama ketika kita ingin membudidayakan sarang burung walet nih, beauties. Burung walet menginginkan kondisi aman dari gangguan binatang predator, terlindung dari terpaan angin, hujan, dan cahaya matahari. Oleh karena itu, kalau beauties ingin mengembangkan popuIasinya di habitat yang baru, kamu harus pastikan walet-mu mendapatkan perhatian khusus, ya. Mulai dari ukuran bangunan, lubang ventilasi, batu-batuan, mesin kabur, bak tampung air, dan lain-lain.

habitat walet

Perkembangbiakan Burung Walet

Sarang burung walet biasanya ditempati oleh pasangan burung walet yang bertemu di setiap musim semi atau musim panas. Burung walet biasanya akan menghasilkan kurang lebih 2-3 butir telur pada selama interval 2 atau 3 hari. Telur burung walet dierami secara bergantian, mulai dari telur pertama dan seterusnya selama 19-20 hari per telurnya.

Untuk membuat sarang, burung walet memerlukan waktu sekitar 30-45 hari. Air liur ‘mahal’ nya bisa keluar kapan saja untuk membuat sarang, bahkan setiap waktu. Bisa pagi, siang, atau malam. Burung walet jantan dan betina bergantian dalam mengeluarkan air liurnya. Masa optimal burung walet betina bertelur adalah setelah terjadi perkawinan atau ia berada pada masa subur untuk berkembang biak. Sehingga, jika memaksa untuk panen sarang walet diluar masa burung walet betina belum siap bertelur, maka kamu tidak akan mendapatkan sarang burung yang tidak bagus nih, Byutiest! 

Bentuk Sarang Burung Walet

mengenal sarang burung walet bentuk

Sarang walet pun memiliki beragam bentuk, diantaranya :

Sarang Walet Putih Original (Mangkok)

Cara paling mudah untuk menentukan keaslian sarang burung walet adalah dengan melihat bentuknya. Jika semakin sedikit atau jarang disentuh, maka semakin tinggi tingkat keasliannya, maka semakin mahal pula harganya. Harga sarang burung walet asli bisa mencapai puluhan juta loh, Beauties. Harga sarang burung walet jenis mangkok bisa mencapai Rp 13 juta per kilogram.

Sarang walet dengan ukuran 2 hingga 3 jari berbentuk mangkok adalah grade tertinggi dari seluruh sarang walet. Jenis sarang ini dinilai mahal dan terbaik diantara yang lain karena kemurnian dan keasliannya tanpa ada tambahan atau modifikasi.

Sarang jenis ini dihasilkan dari bulu ringan. Peternak biasanya akan mencabuti bulu ringan yang ada pada sarang burung walet melalui dry processing (metode pengeringan) untuk menghilangkan atau menetralisir kuman. Cara ini lazim disebut dengan penguapan atau steam. Resiko yang dihasilkan melalui proses ini cukup besar karena kalau tidak berhati-hati bisa merusak tulang atau serat pada sarang walet.

Sarang Walet Bentuk Sudut atau Segitiga

Seperti namanya, sarang walet bentuk ini merupakan pengembangan dari bentuk sarang walet mangkok. Bentuk sudut atau segitiga sering ditemui di berbagai sudut di dalam bangunan rumah walet. Harga sarang burung walet jenis ini bisa mencapai Rp 9 juta per kilogram.

Sarang Walet Patahan

Sarang walet bentuk ini adalah sarang dengan bentuk yang tidak sempurna. Bentuk patahan biasanya terjadi karena kerusakan dalam proses pengiriman ataupun sengaja dibuat dari sisa sarang mangkok yang telah terjatuh di tanah. Harga sarang walet patahan ini relatif lebih murah dibanding bentuk sarang lainnya. Harga sarang burung walet jenis mangkok bisa mencapai Rp 8 juta per kilogram.

Sarang Walet Merah

Sarang bentuk ini terbuat dari air liur yang bercampur darah. Darah yang dihasilkan bukan darah hasil perkelahian atau penyakit dari burung walet, namun berasal dari burung walet yang sedang mengeluarkan atau membuang telurnya. Selain sarang walet berwarna putih yang mahal, sarang walet merah harganya juga terbilang mahal karena cukup langka untuk didapatkan. Harga sarang burung walet jenis mangkok bisa mencapai Rp 8-9 juta per kilogram.

hampers imlek sarang burung walet

Nah, setelah mengenal sarang burung walet dari seluk beluk hingga ke sarangnya, Byutiest jangan khawatir kesusahan mendapatkannya ya. Kamu bisa dapatkan manfaat sarang burung walet dengan harga terjangkau dengan mengkonsumsi Byunest loh. Byunest menjadi minuman serbuk kolagen yang bermanfaat untuk mencerahkan dan melembabkan kulit dari dalam. Bagi Beauties yang ingin coba sejuta manfaat sarang burung walet, cukup pesan Byunest di https://byunest.co.id/beli-online/ 

 

Referensi :

https://rimbakita.com/burung-walet/ 

https://www.androphedia.com/burung-walet/ 

https://harga.web.id/harga-sarang-burung-walet-terkini.info 

https://www.agronet.co.id/detail/indeks/tips/6171-Mencermati-Burung-Walet-Berkembang-Biak-dan-Membuat-Sarang 

https://duniawalet.co.id/kapan-walet-membikin-sarangnya-siang-atau-malam-hari/ 

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk