Menjaga Kelembaban Kulit Saat Puasa, Anti Kering Sepanjang Hari

menjaga kelembaban kulit saat puasa

Siapa bilang kita tidak bisa menjaga kesehatan kulit ketika berpuasa? Tentu saja bisa ya. Sekalipun asupan cairan ketika berpuasa terbatas, bukan berarti kulit sehat, cantik, dan lembab adalah mitos. Ada tips dan trik tertentu yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kelembaban kulit saat puasa. Yuk simak penjelasannya!

Saat berpuasa, masalah yang kerap kali ditemui adalah kulit menjadi kering. Sebabnya adalah kurangnya asupan cairan dan nutrisi yang masuk ke tubuh, pola makan yang berantakan, serta pola tidur yang berubah. Terlebih, tubuh kita sebagian besar terdiri dari air sehingga kekurangan cairan dapat memberikan dampak yang cukup signifikan pada kulit. Oleh karena itu, menjaga cairan di tubuh menjadi kunci utama dalam menjaga kelembaban kulit ketika puasa. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kelembaban kulit dari luar dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik di bawah ini.

Tips Menjaga Kelembaban Kulit Saat Puasa, Selamat Tinggal Kulit Kering!

1. Menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih

menjaga kelembaban kulit saat puasa air putih

Seperti yang sudah disampaikan di atas, menjaga asupan cairan tubuh saat puasa sangat penting hukumnya agar kulit tidak kering. Caranya adalah dengan minum air putih yang cukup ketika sahur dan berbuka. Kamu bisa menggunakan trik 2-4-2. Yaitu 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih dapat membuat kulitmu tetap lembab sekalipun harus berpuasa selama 12 jam.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

salad sayur

Bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur mengandung air, vitamin, serta nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur ketika sahur dan berbuka. Selain menyehatkan tubuh, kedua jenis makanan ini akan menjaga kelembaban kulitmu selama berpuasa. Lebih baik bukan dibanding menyantap gorengan dan makanan manis?

3. Menjaga pola tidur

tidur cukup

Ketika berpuasa, waktu tidur kita cenderung berkurang lantaran harus bangun lebih dini untuk melaksanakan perintah sahur. Setelah sahur pun kita masuk ke jadwal aktivitas sehari-hari sehingga tidak ada waktu untuk beristirahat kembali. Cara menyiasatinya adalah dengan menghindari begadang atau tidur lebih awal daripada biasanya. Istirahat yang cukup di malam hari akan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Tubuh dan kulit pun akan menjadi sehat.

4. Gunakan pelembab dan tabir surya

menggunakan moisturizer

Fungsi dari pelembab, baik itu body lotion ataupun pelembab wajah, adalah menutrisi kulit dari luar sehingga terjaga kelembabannya. Terutama bagi pemilik jenis kulit kering, disarankan untuk rutin mengoleskan pelembab pada kulit agar tidak kering. Bagi orang-orang dengan jenis kulit berminyak dapat menggunakan pelembab dengan bahan dasar air.

Selain pelembab, kamu juga bisa menggunakan tabir surya. Ketika berpuasa, kulit lebih rentan mengalami dehidrasi karena asupan cairan yang berkurang. Akibatnya, masalah kulit jadi lebih rawan bermunculan. Oleh karena itu, berikan proteksi tambahan pada kulit dengan tabir surya supaya kondisinya tetap sehat. 

5. Hindari mandi dengan air hangat

mandi air dingin

Siapa yang suka mandi dengan air hangat? Yups, mandi dengan air hangat memang menyenangkan dan dapat membuat tubuh rileks. Namun ternyata mandi air hangat dapat mengurangi kelembaban kulit lho akibat dari suhunya yang lebih tinggi. Ada baiknya kamu menghindari mandi air hangat saat berpuasa agar kulit tidak terasa kering.

6. Rutin membersihkan wajah

membersihkan wajah

Salah satu penyebab kulit kering adalah paparan debu dan polusi yang dapat membuat iritasi. Rutin membersihkan wajah dapat mengangkat debu dan kotoran sehingga kulit jadi bersih dan sehat. Namun perlu diperhatikan pula pembersih wajah yang kita gunakan ya. Jangan sampai kandungan pada pembersih wajah malah membuat kulit kita kering. 

7. Konsumsi skin booster Byunest

menjaga kelembaban kulit ssat puasa minum byunest

Memenuhi nutrisi kulit dari dalam bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat dan air putih, serta tambahan skin booster. Apalagi jika skin booster tersebut mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulit. Tidak usah bingung memilih skin booster mana, Byunest menjadi skin booster dengan kandungan utama sarang burung walet. Kandungan Byunest akan membantu memelihara kondisi kulitmu dan menjaga kelembaban kulit selama puasa.

 

Referensi

Kulit Sehat dan Tetap Glowing saat Puasa, Ikut Tips Ini (halodoc.com)

Kulit Kering: Penyebab, Gejala, Obat, dan Cara Merawatnya • Hello Sehat

Ada Tujuh Penyebab Kulit Kering – Alodokter

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk