Menu Sahur Mengenyangkan, Dijamin Anti Lapar Seharian

menu sahur mengenyangkan

Menu sahur merupakan menu yang paling susah ditentukan karena kita harus mempertimbangkan berbagai faktor. Seperti makanan apa yang dapat menggugah selera walaupun tidak nafsu makan, menu sahur sehat apa yang harus dihidangkan, makanan apa yang tidak membuat haus saat siang hari, dan tentu saja menu sahur mengenyangkan apa yang dapat membuat kita kenyang hingga waktu berbuka tiba. 

Selama ini, banyak orang memiliki metodenya masing-masing yang dianggap dapat membuat mereka bertahan tanpa rasa lapar selama siang hari di bulan ramadhan. Ada yang memakan nasi dalam jumlah banyak, ada juga yang usai makan nasi ditutup dengan minum susu, ada juga yang memilih untuk makan makanan pokok dan ngemil. Hmm, jadi sebenarnya yang baik itu seperti apa sih? Walaupun, tentu niat adalah hal yang paling utama dalam menjalankan ibadah puasa, trik makan menu sahur menyengangkan dan anti lapar pun perlu dicoba lho.

Ragam Menu Sahur Mengenyangkan

Konsumsi Karbohidrat Pilihan

Nasi putih bukan melulu pilihan satu-satunya sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi saat sahur. Beras merah, jagung, dan singkong misalnya. Bahan-bahan tersebut malah dapat membantu kita kenyang lebih lama karena kandungan serat mereka yang tinggi. Selain itu, kandungan kalorinya pun lebih rendah dari nasi putih jadi cocok untuk orang yang sekaligus ingin menurunkan berat badan di bulan ramadhan. Namun, tidak banyak orang yang terbiasa makan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Maka dari itu, kita bisa mengganti atau mencampur sedikit demi sedikit dengan nasi putih yang biasa dikonsumsi.

menu sahur mengenyangkan

Alternatif lain yang dapat dikonsumsi saat sahur adalah oatmeal. Oatmeal dapat kita buat menjadi overnight oatmeal atau smoothies sesuai dengan selera kita. Untuk membuat overnight oatmeal, saat berbuka puasa kita dapat menyeduh oatmeal instan, kemudian tambahkan yogurt dan tambahan lain sesuai selera seperti kacang-kacangan, chia seeds, atau buah-buahan. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan taruh di dalam kulkas. Overnight oatmeal pun siap disantap tanpa ribet saat sahur. Sedangkan untuk membuat smoothie oatmeal, kita dapat mencampurkan oatmeal instan, susu, atau buah kemudian blender bersama. Smoothie pun siap disantap saat sahur.

Santap Makanan Kaya Protein

menu sahur mengenyangkan ayam tumis protein

Selain mencampur atau mengganti sumber karbohidrat saat sahur, kita juga dapat menyiapkan dan menyantap lauk pauk yang kaya akan protein. Makanan yang kaya akan protein seperti telur, ikan , dan daging juga dapat menjadi pilihan agar kita dapat kenyang lebih lama selama menjalankan ibadah puasa. Apabila kita tipe orang yang tidak bisa makan makanan amis pada waktu pagi hari atau saat sarapan maka kita dapat mengganti asupan protein dengan tahu atau tempe. Tahu atau tempe dapat diolah menjadi berbagai masakan tidak hanya sekedar digoreng saja. Contohnya, kita dapat membuat tumis tahu atau tempe yang dicampur dengan sayuran seperti kacang panjang atau kangkung. Selain itu kita juga dapat memasak sop tahu dengan sayuran ataupun membuat gulai tahu dan tempe.

Konsumsi Buah dan Sayur

buah potong

Fokus pada menu sahur yang mengenyangkan tentu penting untuk kita namun juga jangan lupakan bahwa nutrisi yang kita santap haruslah seimbang. Dengan nutrisi seimbang tentu tubuh kita akan bekerja dan berfungsi secara maksimal. Tentu kita tidak ingin perut kenyang tapi tubuh terasa lemas sepanjang hari, ‘kan? Selama sayur penting bagi kita untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita dapat memilih sayur atau buah apapun sesuai selera kita agar saat memakannya pun tidak malas-malasan.

Minum Susu Ketika Sahur

susu

Kemudian banyak orang yang minum susu saat sahur walaupun selama keseharian di luar bulan ramadhan mereka jarang mengonsumsinya. Selain hangat dan cocok untuk diminum saat dini hari yang terasa dingin, susu juga dipercaya banyak orang dapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini karena adanya kandungan lemak, protein, dan juga kalsium yang ada di dalamnya. Namun, saat memilih susu hendaknya perhatikan kandungan gula yang ada, ya! Jangan sampai kita sudah mengkonsumsi gula melebihi kebutuhan harian padahal saat berbuka kita akan mengkonsumsi makanan yang manis-manis lagi.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Setelah membahas menu sahur mengenyangkan yang dapat kita konsumsi agar kenyang lebih lama, lantas adakah makanan yang sebaiknya kita hindari karena cenderung membuat kita cepat lapar? Tentu saja ada.

Makanan ringan seperti keripik kentang, biskuit, atau roti akan membuat level gula darah naik dan begitu pula insulin. Selain itu kue dan biskuit juga sebaiknya dihindari karena akan mengirim sinyal yang salah ke otak kita bahwa sebenarnya kita belum kenyang. Hal ini berakibat kita akan memakan makanan dalam jumlah besar, yang tentu kalori dalam jumlah yang banyak pula. Selain itu kita akan segera merasakan lapar tidak lama setelah waktu sahur berakhir.

junkfood

Tidak hanya makanan, minuman juga dapat memengaruhi cepat atau tidaknya kita merasa lapar. Minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan akan membuat otak kita mengantisipasi bahwa akan ada asupan kalori yang segera tiba. Namun, ketika asupan tersebut tidak kunjung datang, maak otak kita akan membuat sinyal bahwa kita merasa lapar. Jadi, hindari mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan saat waktu sahur. Sebaiknya kita mengkonsumsi banyak air putih saat waktu sahur tiba air merupakan hal yang krusial di tubuh kita sedangkan selama puasa kita harus menahan 12 jam atau lebih tanpa air. Kebutuhan air manusia dewasa tentu berbeda-beda tergantung oleh berbagai faktor. Namun, secara umum kita membutuhkan sekitar delapan gelas per hari atau sekitar 1.5 hingga 2 liter cairan.

Setelah mengetahui hal-hal di atas tentu kita tahu menu apa saja yang dapat dihidangkan di atas meja makan saat sahur. Walaupun, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda alangkah baiknya bahwa kita juga tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari terutama saat bulan ramadhan.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk