Olahraga Saat Puasa, dari Manfaat Hingga Tips dan Triknya

olahraga saat puasa

Puasa bukanlah alasan untuk tidak bergerak. Justru tubuh kita harus selalu bergerak agar tidak sakit. Tubuh yang tidak pernah melakukan olahraga cenderung lebih rentan terkena infeksi karena sistem imun melemah. Padahal, di bulan Ramadhan kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan agar puasa lancar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap melakukan olahraga saat puasa. Tentunya dengan cara dan trik tertentu karena saat puasa kita tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman.

Tidak perlu khawatir, pada artikel ini kita akan membahas serba-serbi melakukan olahraga saat puasa. Mulai dari manfaat olahraga saat puasa, waktu yang tepat untuk berolahraga, serta tips dan trik dalam berolahraga di bulan puasa.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

hidup sehat

Seperti yang sudah kita ketahui, olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat. Di antaranya adalah mencegah penyakit tertentu seperti jantung dan stroke lantaran olahraga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk menghilangkan stress lho. Apakah kamu merasa bahagia setelah melakukan olahraga? Hal tersebut karena olahraga dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang bertugas meningkatkan suasana hati. Ketika stress lebih terkontrol, maka sistem imun kita pun meningkat dan terhindar dari paparan infeksi.

Melakukan olahraga secara teratur di bulan puasa akan menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Tidak perlu lama-lama, olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap hari. Pilihlah olahraga yang ringan yang tidak menguras energi seperti bersepeda, jalan kaki, atau yoga.

Waktu Berolahraga Saat Puasa

yoga

Puasa mengharuskan kita untuk menahan diri dari makan dan minum. Sehingga pada siang hari perut kita kosong dan tubuh kehilangan energi. Ada waktu-waktu tertentu di bulan puasa yang dapat kamu gunakan sebagai waktu berolahraga. Hal ini dimaksudkan agar olahraga tidak mengganggu kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa.

Pertama, jangan melakukan olahraga di siang hari. Olahraga dengan kondisi perut kosong tidak disarankan. Bisa-bisa tubuh menjadi lemas dan dehidrasi. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah sebelum berbuka atau sesudah berbuka puasa.

Ambil waktu 30 menit sebelum berbuka agar tubuh bisa lekas mendapat asupan energi kembali. Namun jika dirasa tidak sanggup, kamu bisa melakukannya setelah berbuka. Olahraga setelah buka puasa tentunya lebih mudah karena energi tubuh telah tercukupi kembali. Kamu juga tidak takut akan dehidrasi di tengah-tengah olahraga karena bisa minum kapan saja. 

Yang perlu diperhatikan adalah jika ingin berolahraga setelah berbuka, pastikan untuk tidak makan berlebih sebelumnya. Ambil jeda satu jam setelah menyantap hidangan berbuka supaya makanan yang kita makan dapat dicerna terlebih dahulu oleh tubuh. Pastikan pula untuk tidak melakukan olahraga mendekati jam tidur malam. 

Tips Olahraga di Bulan Puasa

makanan bergizi

1. Pilih olahraga ringan

Karena terbatasnya kekuatan tubuh, lebih disarankan untuk memilih jenis olahraga yang ringan. Hindari jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan, kelincahan, dan kecepatan karena berpotensi menyebabkan dehidrasi dan takutnya tubuh tidak mampu melakukannya. Olahraga ringan juga sangat cocok dilakukan sebagai aktivitas ngabuburit lho.

2. Makan makanan bergizi

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh selama berpuasa. Santap hidangan sahur dan berbuka yang bergizi dan mengandung karbohidrat,protein, serta lemak. Mengonsumsi menu sahur yang tinggi karbohidrat kompleks dan lemak membuat tubuh tidak cepat lapar di siang hari. Sedangkan untuk menu buka puasa kamu bisa menyantap hidangan manis untuk mengembalikan energi tubuh setelah berolahraga.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tips yang tidak kalah penting adalah memenuhi cairan tubuh dengan rutin minum air putih 1,5 – 2 liter perhari. Minum air putih yang cukup dapat melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh dari potensi dehidrasi.

 

Referensi:

7 Jenis Olahraga Saat Puasa dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya (sehatq.com)

5 Tips Tetap Olahraga Saat Puasa Demi Tubuh yang Bugar (hellosehat.com)

5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh (halodoc.com)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk