Perbaiki Skin Barrier dengan Memenuhi Nutrisi Kulitmu

skin barrier

Tahukah kamu, sejatinya kulit manusia terdiri dari lapisan-lapisan lho. Salah satu lapisan yang mungkin sudah sering kamu dengar adalah skin barrier. Sesuai namanya, ia adalah lapisan pelindung yang terletak di lapisan terluar yang keras. Ia terbentuk atas lapisan lipid yang tersusun dari kolesterol, asam lemak, dan ceramide. 

Sebagai lapisan pelindung, tugas skin barrier adalah melindungi kulit dari bakteri serta kontaminasi zat berbahaya yang dapat masuk ke kulit. Tidak hanya itu, ia juga menjaga hidrasi kulit agar selalu sehat dan lembab. Perawatan kulit yang kita lakukan pun dapat mencapai hasil maksimal apabila kondisi kulit kita sehat.

Memangnya skin barrier bisa rusak? Tentu bisa ya. Skin barrier yang rusak dapat menyebabkan permasalahan kulit lainnya lho. Contohnya adalah kulit jadi kering, bersisik, terasa gatal, meradang, serta munculnya jerawat. Untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui penyebab kerusakan skin barrier.

Faktor Penyebab Rusaknya Skin Barrier

skin barrier rusak

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan skin barrier dan patut kita perhatikan adalah:

  • Terlalu sering eksfoliasi
  • Faktor lingkungan seperti kelembaban udara serta paparan sinar matahari
  • Zat-zat kimia yang digunakan
  • Faktor genetik
  • Stress yang tidak dikelola dengan baik

Maka dari itu penting hukumnya untuk menjaga diri dari faktor-faktor yang menyebabkan skin barrier rusak. Kita juga bisa melakukan perawatan kulit tertentu agar selalu terjaga kesehatannya.

Cara Merawat Skin Barrier

merawat skin barrier

Back to basic skincare

Terkadang, banyaknya skincare yang kita gunakan ternyata malah dapat melemahkan kulit pelindung lho. Terlebih jika kita terlalu sering melakukan eksfoliasi yang mana akan mengikis lapisan kulit terluar. Jika sudah begitu, kamu bisa menerapkan basic skincare untuk mengembalikan kondisi kulit yang rusak.

Jaga pH kulit

Cara kedua yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga pH kulit tetap seimbang yaitu antara 4,5 – 5,7. Tingkat keasaman yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi dapat mempengaruhi kondisi kulit dan membuatnya iritasi. Pilihlah produk kosmetik yang dekat dengan pH kulit untuk menjaga agar kondisi kulit tetap aman.

Lindungi dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari diketahui mengandung sinar ultraviolet yang dapat merusak sel pada kulit. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk menggunakan tabir surya secara teratur. Selain melindungi kulit, tabir surya juga dapat mencegah munculnya penuaan dini.

Jaga hidrasi kulit

Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kulit tetap lembab. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuat tidak rentan mengalami kerusakan. Caranya adalah dengan rutin mengoleskan moisturizer atau pelembab maupun mengonsumsi skin booster seperti minuman kolagen Byunest. Kandungan yang terdapat pada Byunest dapat membantu kulitmu terjaga hidrasinya dengan baik.

khasiat sarang burung walet jaga kecantikan

Menjaga kondisi kulit agar tetap sehat adalah kunci dari perawatan kulit. Seperti yang diungkapkan oleh Tasya Farasya dalam vlognya bahwa jika kondisi kulit kita diperbaiki, maka akan lebih banyak hasil yang dapat kita tuai seperti kulit menjadi cerah dan tidak kusam. 

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk