Olahan Sarang Burung Walet, dari Sup hingga Minuman Menyegarkan

olahan minuman sarang burung walet

Sarang burung walet merupakan makanan yang terkenal sebagai salah satu kuliner Tiongkok yang sangat populer sebagai penambah tenaga dan peningkat daya tahan tubuh. Walaupun terkenal sebagai makanan khas Tiongkok, namun olahan sarang burung walet seperti sup dan minuman sarang burung walet juga terkenal di negara-negara Asia Tenggara. Bahkan, negara-negara di Asia tenggara juga membudidayakan dan mengekspor hasil budidayanya ke Tiongkok. Indonesia juga salah satu pengekspor sarang burung walet dengan jumlah besar. Bahkan menurut Menteri Perdagangan Indonesia, M. Lutfi, Indonesia berperan dalam hampir 80% persediaan sarang walet dunia. Lalu, sebenarnya sarang burung walet itu dari mana, sih? Dari Tiongkok yang memiliki jumlah konsumsi sarang burung walet tinggi atau negara-negara di Asia Tenggara yang menyediakan persediaan sarang burung walet dalam jumlah besar?

birdnest

Sering sekali kita menjumpai olahan sarang burung walet berupa sup dan minuman, namun hanya itu sajakah yang dapat kita nikmati olahannya? Lalu bisakah kita mengolah sendiri sarang burung walet di rumah sesuai yang kita mau? Bagaimana cara pembersihan dan penyimpanannya. Simak penjelasan lebih jauh di bawah untuk mengetahuinya, ya!

 Sejarah Konsumsi Sarang Burung Walet

Menurut sejarah, sarang burung walet pertama dipertukarkan atau menjadi alat barter pada masa Dinasti Tang (618-907 M). Pada tahun 1368 – 1644, Jenderal Cheng He mengenalkan sarang burung walet kepada kerajaan di Dinasti Ming. Pada waktu itu, Borneo atau sekarang dikenal sebagai wilayah Kalimantan di Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia merupakan sumber utama komoditi sarang burung walet. Sarang burung walet ditukarkan dengan barang pecah belah produksi Tiongkok seperti porcelain, besi, kuningan, emas, manik-manik kaca, dan juga tekstil.  

Sejak dipertukarkan inilah, masyarakat pada saat itu langsung memulai untuk mengkonsumsi sarang burung walet. Umumnya, mereka mengolah sarang burung walet menjadi sup yang juga hingga sekarang bertahan sebagai makanan olahan populer dari sarang burung walet.

Baca juga: Jenis Sarang Burung Walet

 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Umumnya sarang burung walet yang dijual di pasaran sudah dalam keadaan bersih. Namun, jika kita ingin mengolah sarang burung walet dari hasil panen langsung yang belum dibersihkan maka kita perlu melakukan langkah-langkah berikut sebelum dapat menikmati kelezatan dan manfaat dari sarang burung walet.

Saat akan mengolah sarang burung walet, kita perlu merendamnya di dalam air bersih atau air matang selama kurang lebih 4-8 jam. Setelah direndam dan sarang burung walet menjadi lunak, kita bisa menghilangkan bulu-bulu burung yang tertinggal dengan cara mencabutnya dengan pinset agar tidak merusak atau tidak sengaja membuang serat sarang walet. Setelah bersih, kita dapat menyobek-nyobek sarang walet sesuai selera atau dapat mempertahankan dalam bentuk semula. Kemudian, tiriskan sarang burung walet dari rendaman air. Kita juga dapat mengelap air dengan tissue dapur dengan hati-hati. Kemudian setelah kering kita dapat menyimpannya dalam wadah tertutup. Apabila, kita ingin menyimpan dalam keadaan basah, sarang burung walet dapat disimpan dalam plastik kedap udara dan di suhu 0 derajat Celcius.

mengolah sarang

Kemudian, apabila kita memilih membeli atau memasak sarang burung walet yang sudah bersih dan siap olah, maka kita tidak perlu merendamnya dalam waktu yang lama atau berjam-jam. Kita hanya perlu merendam sebentar atau tidak sama sekali tergantung dari jenis sarang walet yang kita beli.

Hasil Olahan Sarang Burung Walet

Sarang burung walet dapat diolah menjadi berbagai produk makanan baik makanan restoran maupun makanan kaleng. Selain itu, sarang burung walet tidak hanya dapat diolah menjadi sup seperti yang kita ketahui. Yuk, simak lima hasil olahan sarang burung walet untuk menjadi referensi dan rekomendasi!.

1. Sup Sarang Burung Walet

Tentu kita tidak dapat meninggalkan hasil olahan yang satu ini. Sup ini biasanya diolah dengan sarang walet sebagai bahan utama maupun tambahan. Selain dikonsumsi sehari-hari sebagai makanan penambah tenaga, sup sarang burung walet juga menjadi makanan yang disajikan saat perayaan tahun baru. Tradisi ini dengan harapan bahwa mereka akan melalui kehidupan di tahun yang baru dengan tubuh yang sehat. Disamping langsung disajikan di meja makan, sarang burung walet kering juga menjadi pilihan sebagai bingkisan saat berkunjung ke kerabat atau teman.

sup sarang burung walet

2. Minuman Sarang burung walet

Selain diolah menjadi sup yang lezat, sarang burung walet juga dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan dan penuh nutrisi. Minuman dari sarang burung walet bukan hanya sekedar air rendaman atau rebusan sarang walet saja, lho. Akan tetapi, minuman sarang burung walet biasanya juga diperkaya dengan berbagai komposisi yang bermanfaat bagi tubuh. Penjual juga biasanya memberikan potongan potongan kecil sarang walet atau sarang walet yang telah dilembutkan dan dilarutkan. Keduanya, sama-sama menjaga nutrisi yang ada dalam sarang burung walet. Olahan minuman sarang burung walet dapat dijual secara langsung maupun dalam bentuk kemasan seperti dalam botol kaca atau dalam wadah yang lebih kecil seperti sachet.

Selain itu, kita juga dapat memilih ingin minuman dengan konsentrasi tinggi maupun rendah. Tentu saja hal tersebut juga mempengaruhi harga jualnya, ya!

minuman sarang burung walet

3. Sarang Burung Walet Kering

Di pasaran banyak tersedia sarang burung walet kering yang banyak diburu pembeli baik pengusaha maupun individu dengan tujuan untuk diolah secara besar-besaran akan diolah di rumah saja. Harga sarang burung walet bervariasi tergantung dari jenis yang ada. Selain itu, ternyata harga di setiap negara juga berbeda-beda untuk sarang burung walet yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketersediaan sarang burung walet itu sendiri atau permintaan pasar yang ada.

Sarang burung walet kering dapat bertahan hingga tiga tahun jika disimpan dengan baik di tempat yang sejuk dan kering. Secara umum, sarang burung walet akan lebih aman jika disimpan di dalam wadah tertutup dan di dalam kulkas hingga siap untuk diolah. Namun, saat membeli pastikan bertanya kepada penjual untuk mengetahui sampai kapan sarang burung walet tersebut dapat disimpan. Hal tersebut karena kita tidak tahu sudah berapa lama penjual memajang sarang burung walet tersebut di lapaknya.

olahan kering

4. Suplemen

 Ingin yang lebih praktis lagi? Sekarang juga sudah banyak yang menjual sarang burung walet dalam bentuk suplemen. Bagi beberapa orang mungkin mengkonsumsi sarang burung walet bukan sesuatu hal yang mudah karena belum terbiasa. Maka mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen merupakan solusi yang terbaik karena selain praktis, kita juga tidak bisa merasakan rasa asli dan tekstur dari sarang walet itu sendiri. Selain itu, olahan dalam bentuk ini juga cenderung lebih tahan lama dan relatif mudah untuk disimpan. Namun, sebelum membeli pastikan bahwa suplemen yang anda beli mengandung sarang burung walet sebagai komposisi utama, ya!

5. Kosmetik dan Produk Perawatan Kulit

Selain sebagai pemberi energi dan penguat imunitas tubuh, sarang burung walet juga terkenal akan manfaatnya untuk elastisitas dan kesehatan kulit karena mengandung kolagen yang cukup tinggi. Walaupun mengkonsumsi dalam bentuk makanan juga memberikan manfaat langsung, namun kosmetik dan produk perawatan kulit tidak kalah digandrunginya. Karena selain mudah disimpan, kita juga dapat langsung mengaplikasikannya ke kulit sehingga dapat langsung diserap oleh kulit. Namun, perlu diketahui pula bahwa kulit orang berbeda-beda sehingga kita juga harus teliti dalam memilih produk yang akan kita pakai.

Cara Memasak Sarang Burung Walet

1. Cara Memasak Sup Sarang Burung Walet

Cara pengolahan sarang burung walet menjadi sup relatif mudah. Kita dapat memasak dengan menambahkan bahan lain sesuai dengan selera kita sesuai sup pada umumnya. Jumlah sarang burung walet yang akan dimasukkan pun sesuai dengan selera kita karena berapapun jumlahnya tidak akan mempengaruhi rasa. Jika kita akan memasukkan sarang burung walet dengan jumlah banyak maka kita dapat mengurangi sayuran atau bahan tambahan lain dalam sup. Mengenai bumbu-bumbunya kita bisa menggunakan bumbu sup atau sop biasa seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, gula, serta bumbu lain sesuai resep masing-masing. Jika sebelum memasak, sarang burung walet sudah direndam terlebih dahulu maka kita dapat memasukkannya ke dalam sup sebagai bahan terakhir karena sarang burung walet relatif cepat empuk dan matang.

2. Cara Memasak Minuman Hangat Sarang Burung Walet

Cara membuat minuman sarang walet manis juga sangat mudah. Pertama, kita perlu memasukkan satu potong atau lebih sarang burung walet ke panci tanah liat atau batu yang telah diisi air bersih dingin kemudian tutup. Jumlah air dan sarang burung walet yang dimasukkan akan mempengaruhi konsistensi minuman. Namun, pastikan bahwa jumlah bahan yang dimasukkan dalam panci kecil tidak melebihi batas sehingga dapat tumpah saat mendidih. Kedua, siapkan air dalam wajan cekung atau panci yang besar. Pastikan ketinggian air menutupi setengah dari panci tanah liat atau batu namun tidak menutupi hingga tutup panci kecil. Kemudian masak hingga mendidih beberapa saat. Saat sudah mendidih, kita dapat masukkan gula sesuai selera dan buah goji berry ke dalam sup. Sup sarang burung walet pun siap dinikmati saat hangat.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, apakah sudah bisa diputuskan ingin memasak sendiri atau membeli olahan sarang burung walet yang diminati?

Referensi:

Babji, A.S., Nurfatin, M.H., Etty Syarmila, I.K. & Masitah, M. Secrets of edible bird nest. Agriculture Science Journal. http://eprints.utar.edu.my/1678/1/UASJ_2015_Vol_1(1),_7_Secrets_of_Edible_Bird_Nest.pdf.  

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk