Sering Minum Minuman Boba Saat Buka Puasa? Waspadai Bahayanya

minuman boba

Siapa yang tidak suka minuman boba? Minuman favorit sejuta umat ini memang menjadi populer akhir-akhir ini. Ditandai dengan maraknya stand dan kedai yang menjual minuman boba dalam berbagai varian. Rasanya yang manis, legit, dan menyegarkan menjadikan minuman ini digemari untuk melepas dahaga di saat berbuka puasa.

Bahaya Minuman Boba Bagi Kesehatan

Namun di balik kelezatan minuman boba atau yang dikenal dengan bubble tea, banyak bahaya yang mengintai untuk kesehatan. Hal ini tidak lain karena komposisinya yang tinggi gula. Bahan baku boba yang terdiri dari tepung tapioka, pati singkong, ubi, dan gula merah saja sudah mengandung banyak gula. Belum termasuk bahan minumannya sendiri yang seringkali ditambahkan susu kental manis ataupun pemanis buatan dalam jumlah banyak. 

Berpotensi menyebabkan diabetes

Dikutip dari hasil penelitian yang dilakukan Jae Eun Min, David B. Green, dan Loan Kim pada 2017, 473 ml bubble tea mengandung 299 kalori dan 38 gram gula. Padahal, dalam sehari tubuh kita hanya membutuhkan 2000-2500 kalori saja. Sedangkan batas konsumsi gula maksimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 50 gram per hari. 

minuman boba dengan susu kental manis

Artinya, satu gelas bubble tea ukuran reguler sudah memenuhi kebutuhan kalori dan gula harian kita. Itu belum ditambah dengan makanan dan minuman lain yang kita konsumsi. Apabila kita mengonsumsi minuman ini secara terus menerus, resiko obesitas dan terkena diabetes tipe 2 menjadi lebih tinggi lantaran tubuh kita menerima asupan gula berlebih.

Menimbulkan masalah kulit

minuman boba timbulkan permasalahan kulit

Konsumsi gula yang melebihi kebutuhan harian tubuh menyebabkan melonjaknya hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang berperan membantu tubuh dalam menstabilkan kadar gula darah. Meningkatnya aktivitas insulin akan diikuti dengan peradangan. Akibatnya, muncullah masalah kulit seperti jerawat dan eksim. Permasalahan kulit yang sudah ada pun bisa menjadi tambah parah.

Mengganggu pencernaan

gangguan pencernaan

Di samping kalori dan gulanya yang tinggi, minuman boba juga minim vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, kandungan tapioka pada boba bisa berpotensi menyebabkan sembelit jika dikonsumsi secara berlebih.

Alternatif Pengganti Minuman Boba untuk Menu Buka Puasa

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan menu berbuka yang bergizi untuk menggantikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Jika dilihat dari komposisi boba yang minim nutrisi, minuman tersebut bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan menu berbuka. 

Jika kamu ingin berbuka dengan minuman yang lezat, segar, namun tetap menyehatkan, terdapat beberapa alternatif menu yang patut dicoba. Contohnya adalah smoothies buah, es kelapa muda, dan sup sarang burung walet. Yuk simak resepnya di bawah ini!

Resep smoothies mangga

smoothies mangga

Bahan:

1 buah mangga kupas

2 sdm yogurt plain

200 ml air mineral

Es batu secukupnya

Cara membuat:

Campur semua bahan dalam blender dan blender sampai halus. Sajikan.

Resep es kelapa muda

es kelapa muda

Bahan:

1 buah kelapa muda, ambil daging dan airnya

3 sdm madu

1 sdm selasih

Es batu secukupnya

Cara membuat: 

Siapkan gelas saji. Masukkan es batu, daging kelapa muda, madu, dan selasih ke dalam gelas. Tuang air kelapa muda secukupnya. Sajikan.

Resep sup sarang burung walet

sup sarang burung walet pengganti minuman boba

Bahan:

1 cup sarang burung walet siap makan

Buah semangka, potong dadu

Buah mangga, potong dadu

3 sdm madu

100 ml air jeruk

Es batu secukupnya

Cara membuat:

Siapkan gelas saji, tata es batu ke dalam gelas. Masukkan buah semangka, mangga, dan sarang burung walet, lalu tuangkan madu dan air jeruk. Sajikan.

 

Referensi:

Calories and sugars in boba milk tea: implications for obesity risk in Asian Pacific Islanders – PMC (nih.gov)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk