Takjil Peningkat Imun, Jaga Kesehatan Berpuasa Selama Pandemi

takjil peningkat imun

Bulan Ramadhan tahun ini kita masih berada dalam suasana pandemi. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah salah satu kunci penting agar puasa lancar. Misalnya dengan tetap berolahraga dan tentunya memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh. 

Di saat puasa banyak dari kita yang cenderung ‘kalap’ ketika waktu berbuka tiba. Sehingga apa yang kita makan pun menjadi kurang terkontrol. Segala macam makanan manis dan berlemak masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebih. Tentunya kebiasaan tersebut kurang baik dan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Nah, oleh sebab itu melakukan kontrol atas diri sangat penting. Tidak hanya memilih menu sahur yang sehat, namun kamu juga bisa menyiapkan takjil peningkat imun lho. 

Takjil Peningkat Imun

Apa saja takjil peningkat imun?

Kurma

takjil peningkat imun kurma

Makanan yang satu ini adalah makanan berbuka pilihan Rasulullah. Diriwayatkan dari sebuah hadist, Rasulullah biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, beliau berbuka dengan tamar (kurma kering). 

Kurma sendiri diketahui mengandung glukosa yang diperlukan oleh tubuh setelah lama berpuasa. Ketika berpuasa, tubuh kehilangan energi dan perlu diisi kembali saat buka puasa tiba. Glukosa yang terdapat pada kurma mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Kurma juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin K, folat, serta antioksidan yang bagus untuk memelihara kesehatan.

Selain kurma, Rasulullah juga mengawali berbuka dengan air putih. Air putih akan menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa dan membuat tubuh lebih sehat tentunya.

Buah-buahan

buah-buahan

Dibanding dengan gorengan, mengonsumsi buah-buahan ketika berbuka puasa tentunya lebih dianjurkan. Buah-buahan mengandung vitamin serta nutrisi penting yang mampu melindungi tubuh kita dari penyakit. 

Pilih buah-buahan seperti pisang yang juga berperan menggantikan energi tubuh yang hilang selama puasa. Kamu juga bisa mengolahnya terlebih dahulu seperti direbus atau dijadikan kolak. Namun perlu diingat juga untuk tetap memperhatikan bahan tambahan pada kolak. Seperti santan yang dapat diganti dengan susu dan juga mengukur kadar pemanis yang digunakan. 

Salad Sayur

salad sayur

Sayur diketahui mengandung banyak air yang berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran juga dapat membuat tubuh kembali bugar. Pencernaan kita pun bekerja lebih baik karena sayuran bersifat tinggi serat.

Yogurt

yogurt

Kudapan takjil peningkat imun selanjutnya adalah makanan dengan rasa asam yang kita kenal dengan yogurt. Tidak perlu takut, yogurt aman dikonsumsi oleh penderita gerd/asam lambung juga lho. Bahkan, probiotik pada yogurt dikenal dapat meredakan asam lambung sekaligus memperlancar pencernaan. Menariknya, konsumsi yogurt juga dapat memperkuat imun tubuh lantaran sifatnya yang antiradang. Tubuhmu akan terjaga dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang. 

Agar efeknya lebih terasa, pilihlah yogurt tawar yang rendah gula. Kamu juga bisa mencampurnya dengan buah-buahan ataupun oatmeal agar rasanya tidak terlalu plain.

Kacang-kacangan

kacang almond

Kacang-kacangan termasuk dalam golongan makanan antiperadangan, sesuai dengan yang dikemukakan oleh Harvard Medical School. Terutama untuk jenis kacang seperti almond dan kenari. Dari studi yang telah dijalankan, kacang-kacangan mampu mengurangi peradangan serta resiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Kamu bisa menyajikan kacang-kacangan sebagai camilan sekaligus takjil buka puasa peningkat imun.

Sarang Burung Walet

takjil peningkat imun sarang burung walet

Tahukah kamu bahwa sarang burung walet dikenal sebagai makanan kesehatan dan termasuk dalam Traditional Chinese Medicine? Sarang burung walet memiliki kandungan asam sialat yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, konsumsi sarang walet ketika berbuka puasa akan berdampak baik bagi kesehatan.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk