Tingkatkan Imun Selama Pandemi dengan Sarang Burung Walet

sarang burung walet untuk imun

Pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun tidak lantas menjadikan kita sudah kebal dengan virus yang ada. Varian-varian baru masih saja bermunculan dan tubuh kita masih dalam proses beradaptasi dan ‘mengenal’ keadaan yang ada. Maka dari itu meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi merupakan kunci untuk dapat selalu sehat. Bukan rahasia lagi bahwa sarang burung walet dipercaya warga masyarakat Tiongkok memiliki peran penting dalam meningkatkan imun. Bahkan mereka menganggap bahwa sarang burung walet merupakan tonik atau golongan obat. 

Sarang Burung Walet Tingkatkan Imun Selama Pandemi COVID-19

sarang burung walet untuk imun

Sarang burung walet tinggi akan asam amino, protein, dan mineral yang sangat penting diperlukan oleh tubuh. Kandungan-kandungan yang ada dalam sarang burung walet membantu meningkatkan fungsi kerja paru-paru dan ginjal dimana merupakan organ vital manusia. Meningkatnya kerja kedua organ tersebut tentu membuat tubuh secara keseluruhan mengalami peningkatan kesehatan pula. Peningkatan kesehatan dan imunitas membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap faktor-faktor eksternal yang membahayakan tubuh seperti bakteri dan virus. Sehingga, konsumsi sarang burung walet sangat dianjurkan untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemi COVID-19

Layaknya pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati, menjaga imunitas tubuh juga jauh lebih baik daripada terlanjur terpapar COVID-19. Selain itu, apabila sudah terlanjur terpapar dan tertular virus COVID-19, seseorang yang memiliki imun kuat cenderung memiliki gejala yang lebih ringan atau bahkan ada yang tanpa gejala sama sekali. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi COVID-19? 

Baca juga: Segudang Khasiat Sarang Burung Walet, Layak Kamu Coba!

Kiat tingkatkan Imunitas di Kala Pandemi

Makan Makanan Bergizi Seimbang

sarang burung walet untuk imun

Nutrisi merupakan kunci utama untuk memiliki tubuh sehat. Kekurangan nutrisi mengakibatkan tubuh dapat berfungsi tidak semestinya sehingga metabolisme dan imunitas tubuh pun akan menurun. Maka dari itu, makanan yang merupakan sumber utama nutrisi bagi tubuh perlu kita perhatikan. Kita harus memastikan bahwa asupan gizi harian kita selalu terpenuhi. Karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, kalsium merupakan pokok-pokok gizi yang harus kita konsumsi setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pastikan pua kita juga mengurangi makanan-makanan instan dan junk food ya!

Berolahraga Teratur

olahraga teratur

Tetap berada di rumah baik itu kerja maupun sekolah tidak lantas menjadikan kita hanya duduk atau tidur seharian. Sebelum atau sesudah melakukan kewajiban maupun tugas kita bisa melakukan stretching atau berolahraga mengikuti panduan di internet. Kita juga bisa berjalan-jalan di sekitar rumah atau lari ringan. Namun, pastikan untuk menghindari kerumunan dan selalu kenakan masker walaupun saat sendiri. Berolahraga selain memperlancar metabolisme juga dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih segar.

Minum Banyak Air Putih

minum air putih teratur

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan maka dari itu kekurangan cairan sedikit saja dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti munculnya pusing. Rekomendasi konsumsi air liter yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah delapan gelas per hari atau sekitar 1,5 hingga 2 liter. Jumlah ini dapat berbeda-beda setiap orangnya. Seseorang yang melakukan aktivitas lebih berat tentu akan membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak daripada orang yang memiliki aktivitas fisik lebih pasif.

Mengatur Pola Tidur

mengatur pola tidur

Seperti yang kita tahu bahwa manusia dewasa membutuhkan kurang lebih delapan jam waktu tidur. Walaupun, memang kadang hal ini sulit untuk dipenuhi karenan tuntutn kewajiban dan hal lainnya, kita sebaiknya tetap memastikan tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup. Selain cukup kita juga sebaiknya memastikan waktu tidur berkualitas yang salah satu tandanya adalah kita tidak sering terbangun saat malam hari. 

Sarang burung walet memang berperan dalam meningkatkan imun, namun tentu saja kita tetap harus berhati-hati agar tidak terkena COVID-19. Selain meningkatkan imunitas selama pandemi COVID-19, ada kiat-kiat lain yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir paparan dan tertular. Walaupun vaksin sudah tersedia namun kita juga masih harus perlu waspada karena bagaimanapun tubuh orang memiliki reaksi yang berbeda-beda dalam menghadapi virus atau faktor eksternal yang asing. Nah, berikut bisa kita simak cara pencegahan COVID-19 yang dapat kita lakukan.

Cegah Diri dari Terpapar COVID-19 dengan Cara Ini

Selalu Kenakan Masker Saat di Luar Rumah

selalu kenakan masker

COVID-19 merupakan virus yang dapat menular melalui transmisi udara, jadi menggunakan masker merupakan salah satu cara agar udara yang kita hirup dapat tersaring terlebih dahulu. Tidak hanya mengenakan masker saat bepergian, kita juga sebaiknya menggunakan masker saat bertemu tetangga, pengantar paket, atau saat jalan-jalan sendiri.

Hindari Kerumunan

hindari kerumunan

Semakin banyak orang, maka semakin tinggi pula kemungkinan terpapar COVID-19. Dalam sebuah kerumunan, umumnya orang akan berdiri atau duduk berdekatan yang membuat transmisi udara lebih mudah antara satu dan lainnya. Bahkan saat kita berbicara pun, kita tetap dapat mengeluarkan cipratan liur yang tidak terlihat. Jadi, penularan COVID-19 tidak hanya melulu diawali dengan batuk, ya. Apabila kita terpaksa harus berada di kerumunan dengan jumlah orang berada di atas batas yang disarankan, maka sebaiknya kita mengenakan masker dobel yaitu dengan masker medis ditutup dengan masker kain sesuai anjuran dari WHO. Jika, perlu maka kita dapat mengenakan face shield pula.

Selalu Sedia Hand Sanitizer

sedia hand sanitizer

Kita tidak selalu bisa mendapatkan askes air atau sabun sehingga membawa Hand Sanitizer kemana-mana merupakan hal yang sangat penting. Menggunakan Hand Sanitizer tidak hanya saat kita akan makan saja namun saat setelah kita menyentuh benda yang kemungkinan juga disentuh oleh orang lain. Contohnya saat kita naik kendaraan umum, kadang kita memegang bagian pintu atau mungkin bagian kursi, atau saat menggunakan mesin ATM, ataupun saat memegang pegangan eskalator.

Menggunakan Alat Makan Sendiri 

alat makan

Mungkin terdengar merepotkan, namun kita tidak pernah tahu siapa yang memegang alat makan kita sebelumnya saat kita makan di luar. Alat makan seperti sendok dan garpu harus benar-benar bersih karena kita akan memasukkannya ke dalam mulut kita yang mana berarti semua bakteri yang ada dalam sendok dan garpu dapat berpindah ke mulut dan tubuh kita. Maka dari itu dianjurkan untuk membawa wadah berisi sendok dan garpu saat makan di luar ya! Apabila tidak membawa, kita bisa mencuci terlebih dahulu alat makan yang disediakan atau mengelapnya dengan tisu basah food grade. Selain itu sebaiknya kita tetap menggunakan alat makan sendiri saat mengkonsumsi makanan pesan antar. 

Bagaimana nih? Apakah kiat-kiat di atas sudah dilakukan selama ini untuk menjaga tubuh tertular dari COVID-19? Jika ada yang belum dilakukan, boleh nih kita mulai mencoba melakukannya ya! Sehat selalu!

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk