Tips Praktis Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

tips tidak haus saat puasa

Apa yang lebih menyiksa saat bulan ramadhan selain rasa lapar? Ya, betul! Rasa haus. Saat kita lapar kita bisa mengakalinya dengan melakukan kegiatan lain sehingga mengalihkan rasa lapar yang dirasakan atau menonton acara makan-makan yang tersebar luas di internet. Namun, saat kita haus, melakukan aktivitas lain pun tidak dapat membantu menghilangkannya. Menonton orang minum atau iklan minuman bisa malah tambah membuat dahaga kita semakin menjadi-jadi. Apalagi tubuh kita terdiri dari 75% cairan yang mana juga selain itu dalam kehidupan sehari-hari, kita tetap mengeluarkan cairan seperti dalam urin dan keringat. Selain rasa haus, kekurangan cairan juga dapat membuat tubuh kita mengalami dehidrasi sehingga akan berujung pada tubuh yang letih atau kepala pusing. Nah, untuk menghindari hal-hal berikut, kita dapat melakukan tips-tips di bawah ini agar tidak haus selama puasa.

Tips Agar Tidak Gampang Haus Ketika Puasa, Anti Haus Seharian

  1. Menghindari Makanan Tinggi Sodium

mie instan

Makanan asin memiliki kandungan sodium yang tinggi. Kandungan sodium yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan kehilangan cairan karena tubuh berusaha mengeluarkan sodium berlebih yang menumpuk di dalam. Hal tersebut dapat melalui keringat atau pun melalui urin. Semakin banyak makanan asin atau sodium yang kita konsumsi maka semakin banyak pula cairan yang dibutuhkan untuk mengeluarkannya sehingga munculnya rasa haus atau bahkan dehidrasi pun semakin tinggi. 

Perlu kita ketahui bahwa hanya karena rasa makanan “tidak keasinan” bukan berarti makanan tersebut tidak mengandung sodium yang tinggi. Banyak makanan yang terasa “normal” namun sebenarnya mengandung sodium yang tinggi seperti makanan instan, berbagai jenis snack, dan juga makanan beku. apalagi saat kita mengolah makanan instan atau beku kemudian menambahkan bumbu-bumbu lan seperti garam atau kaldu tentu malah akan membuat makanan kita mengandung sodium yang semakin tinggi. 

Jadi, alangkah baiknya jika kita menghindari mengkonsumsi makanan ringan kemasan dan makanan olahan pabrik lain yang memiliki kandungan sodium tinggi saat sahur ya. Lebih baik menggantinya dengan menu sahur sehat dan mengenyangkan yang bergizi untuk tubuh.

  1. Menghindari Makanan Berminyak

makanan berminyak

Tips agar tidak haus saat puasa selanjutnya adalah dengan menghindari makanan berminyak. Saat membicarakan makanan berminyak, kita otomatis akan membayangkan makanan yang mengandung lemak. 

Secara umum ada beberapa makanan yang memang sudah minyak alami atau lemak tak jenuh di dalamnya seperti salmon dan alpukat. Sumber makanan lemak tak jenuh tersebut tidak membuat kita haus berlebihan setelah mengkonsumsinya asal diolah dengan benar. Sedangkan makanan berminyak yang berasal dari cara pengolahan digoreng maka akan cenderung membuat kita haus berlebih bahkan beberapa saat setelah mengkonsumsinya. 

Hal ini dikarenakan kandungan minyak tersebut lebih sulit untuk dipecah dan dicerna oleh tubuh. Tubuh akan mengeluarkan insulin dan hormon lainnya sehingga kemudian akan menyebabkan ketidakseimbangan pH di dalam sistem pencernaan. 

Ketidakseimbangan pH sistem pencernaan akan memengaruhi ketidakseimbanagn pH dalam sistem darah yang mana angat penting untuk berlangsungnya fungsi organ dan tubuh. Ketidakseimbangan pH sistem darah kemudian akan membuat tubuh “meminta” air kembali untuk memudahkan ginjal bekerja.

  1. Konsumsi Protein Secukupnya

makanan protein ayam

Saat sahur memang mengonsumsi protein bermanfaat untuk membantu kita kenyang lebih lama saat siang hari. Namun, hanya karena dalih berikut bukan berarti kita dapat kemudian mengkonsumsi protein jumlah besar atau bahkan mengkonsumsi protein saja. 

Protein yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 0.8 gram per satu kilogram berat badan. Hal ini berarti tiap pria dewasa membutuhkan sekitar 56 gram protein per hari. Sedangkan seorang wanita dewasa membutuhkan sekitar 46 gram protein. Contohnya saja, dalam satu potong paha ayam sudah terdapat sekitar 30 gram protein dan 100 gram tempe mengandung sekitar 19 gram protein. 

Tetap perhatikan keseimbangan asupan gizi dan tanamkan dalam pikiran bahwa kita masih dapat memiliki kesempatan untuk menyantapnya saat waktu berbuka nanti. Karena sama saja dong kalau kita merasa kenyang namun kehausan di siang hari

  1. Minum Cukup Air Putih Saat Sahur agar Tidak Haus Saat Puasa

minum air putih agar tidak haus saat puasa

Saat sahur pastikan kita minum paling tidak setengah dari asupan cairan tubuh yang kita butuhkan per hari yaitu sekitar 1,5 hingga 2 liter. Apabila kita memiliki aktivitas yang berat atau melakukan aktivitas yang menyebabkan berkeringat maka akan lebih baik jika mengkonsumsi lebih banyak lagi air putih saat sahur. Perlu diperhatikan bahwa air putih lebih baik dari pada minuman kemasan saat sahur. Hal ini karena minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan cenderung akan membuat kita merasa tidak puas dan haus terus menerus.

  1. Hindari Kopi dan Teh Saat Sahur

es kopi

Kandungan kafein dalam kopi dan teh membuat tubuh kita akan sering mengeluarkan cairan melalui urin. Dengan adanya cairan banyak yang dikeluarkan maka tubuh kita juga akan membutuhkan cairan masuk yang banyak pula. Hal ini akan berujung kita akan merasakan haus saat berpuasa.

  1. Konsumsi Makanan Berair

sup agar tidak haus saat puasa

Tips agar tidak haus saat puasa yang terakhir adalah mengonsumsi makanan yang mengandung air ketika sahur. Makanan berair yang dimaksud adalah makanan yang mengandung air di dalamnya seperti kubis, sawi, pepaya, melon, semangka dan lainnya. Selain membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, makanan-makanan tersebut juga mengandung nutrisi yang dapat membantu tubuh dalam menyimpan cairan di dalamnya.

Jadi, saat puasa bukan berarti kita bisa menghindari aktivitas sehari-hari dan malas-malasan dengan dalih mencegah rasa haus ya. Beberapa tips tersebut selain mencegah rasa haus saat berpuasa juga dapat membantu kita dalam memenuhi nutrisi dan menerapkan gaya hidup sehat selama ramadhan. 

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk