Yuk, Intip Menu Buka Puasa Sehat dan Nikmat!

menu buka puasa sehat

Tidak hanya makanan sahur yang perlu diperhatikan, namun menu berbuka pun harus tetap kita jaga. Setelah tubuh kita tidak mendapat asupan makan dan minum selama belasan jam, tentu kita perlu memperhatikan nutrisi apa yang harus dipenuhi dan menu apa saja yang dapat tetap menjaga kita tetap sehat. Di bawah ini selain tips menu buka puasa sehat kita juga ada tips makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat berbuka. Apa saja ya? Yuk tengok tips menu buka puasa sehat dulu!

Tips Menu Buka Puasa Sehat

  1. Minum terlebih dahulu

minum air putih

Setelah berpuasa lebih dari 12 jam, tubuh kita telah kehilangan banyak cairan yang harus segera diganti begitu waktu berbuka tiba. Dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu kemudian disusul dengan minuman lain yang berkalori. Akan lebih baik pula jika kita meminum minuman hangat karena akan membantu proses pencernaan makanan. Usahakan minum sebelum menyantap hidangan berbuka bukan saat di sela-sela makan. Hal ini karena dapat mengganggu dan menunda proses makanan dicerna. Saat Ramadhan banyak sekali menu-menu minuman dan es yang sangat menggugah selera. Tentu, tidak dilarang untuk mengkonsumsi minuman-minuman tersebut namun perlu diperhatikan jumlah yang masuk ke tubuh dan keseimbangan nutrisi yang masuk, ya.

  1. Makan kurma

menu puasa sehat kurma

Selain sebagai sunnah, ternyata mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa memang memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh kita. Selama berpuasa, kadang ada kalanya kita merasa pusing, hal tersebut mungkin disebabkan oleh rendahnya gula darah sementara. Kurma yang merupakan sumber gula alami dapat segera memberikan asupan yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu kandungan serat dalam kurma juga membantu kita kenyang lebih cepat dan lama sehingga mencegah untuk makan berlebih saat berbuka. Tidak ketinggalan pula manfaat serat yang memperlancar proses pencernaan.

  1. Konsumsi makanan berkuah

makanan berkuah

Makanan berkuah selain dapat membantu perut agar tidak ‘kaget’ menerima makanan utama saat berbuka juga dapat membantu dalam mengatasi dehidrasi. Bagi sebagian orang, minum dalam jumlah banyak sekaligus mungkin bukan hal yang mudah sedangkan minum di sela-sela makan dapat mengganggu proses pencernaan. Maka dari itu, mengonsumsi makanan berkuah dapat membantu dalam memberi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, tambahkan berbagai bahan yang dimasak dalam makanan berkuah seperti sayuran, bakso, atau daging. Jika kamu ingin mencoba hal yang baru dan unik untuk berbuka, kamu bisa mencoba berbuka dengan sup sarang burung walet. Beberapa restoran biasanya menyediakan menu sarang burung walet sebagai hidangan berbuka. Meskipun harganya lumayan, namun benefit  yang didapat dari sarang burung walet sebanding dengan kocek yang dikeluarkan.

  1. Konsumsi karbohidrat ‘baik’

oats

Menu buka puasa sehat selanjutnya adalah makanan sumber karbohidrat komples. Pada dasarnya memang semua makanan itu baik untuk dikonsumsi. Namun, ada kalanya bahwa pilihan satu menjadi lebih baik dari yang lainnya. Karbohidrat baik yang dimaksud di sini adalah karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti beras merah dan oats. Karbohidrat kompleks membantu kita kenyang lebih cepat namun dapat bertahan lama sehingga menghindari makan berlebih saat berbuka. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk orang yang berniat menurunkan berat badan sembari berpuasa.ff

  1. Jangan lupakan sayur dan buah

menu puasa sehat salad sayur

Selain serat, tentu nutrisi lain seperti vitamin dan mineral tidak kalah penting untuk tubuh. Jangan lupa untuk tetap menghadirkan sayuran terutama sayuran hijau dalam menu buka puasa. Kandungan zat besi yang tinggi dalam sayuran daun hijau tua membantu dalam memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh lemas dan letih yang bahkan kemudian dapat berakhir menjadi anemia. Maka dari itu jangan sampai kita jadi batal puasa atau tidak bisa menjalankan ibadah puasa karena kekurangan zat besi.

Selain sayuran, buah-buahan juga tidak kalah penting. Buah-buahan dapat menjadi pilihan es sirup atau minuman dengan pemanis buatan lain saat berbuka puasa. Selain mengandung gula alami, buah-buahan juga mengandung air yang dapat membantu kita mengatasi dehidrasi selama puasa. Selain itu, buah-buahan juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti serat dan berbagai vitamin. Di luar puasa pun, jangan lupa konsumsi buah dan sayur ya!

Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka

Selain tips-tips menu buka puasa yang sehat, ada pula beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka. Apa sajakah itu?

  1. Makanan berminyak atau deep fried food

fast food

Makanan berminyak nampaknya memang sebaiknya dihindari saat ramadhan baik sahur maupun saat berbuka. Walaupun bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan sama sekali, alangkah baiknya jika kita menguranginya atau tidak menjadikannya makanan utama. Makanan berminyak mengandung lemak yang tinggi dimana kemudian akan disimpan dan menumpuk dalam tubuh, mengkonsumsi makanan yang berlemak jenuh tinggi setelah puasa dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca juga: Takjil Peningkat Imun, Jaga Kesehatan Berpuasa Selama Pandemi

  1. Makanan yang membuat ‘gas’

susu

Tarawih merupakan ibadah yang hanya dapat dilakukan saat ramadhan. Demi dapat melaksanakan tarawih yang khusyu dan minim gangguan ada satu hal yang harus kita kontrol yaitu buang angin. Ternyata, buang angin atau kentut dapat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Makanan seperti kedelai dan produk olahan susu berpotensi tinggi membuat kita buang angin lebih sering dari biasanya. Kedelai memiliki kandungan gula kompleks bernama raffinose yang cukup sulit dipecah oleh usus. Saat dicerna, usus halus akan menghasilkan hidrogen, karbon dioksida, dan gas metana yang kemudian akan keluar sebagai kentut. Sedangkan bagi seseorang yang lactose intolerant maka produk olahan susu juga cenderung membuat gas diproduksi lebih banyak.

  1. Makanan tinggi gula

bubble tea

Tentu saat berbuka puasa kita ingin merasakan yang manis-manis dan segar-segar seperti minuman es dengan siraman sirup atau gula bersendok-sendok. Namun, perlu kita ingat bahwa saat berbuka kita juga perlu memakan makanan lain agar nutrisi seimbang. Jangan sampai kebutuhan kalori harian kita sudah habis dibabat oleh berbagai minuman dan makanan tinggi gula. Hal tersebut kemudian akan berakibat pada bertambahnya berat badan.

Pada dasarnya saat berbuka puasa kita perlu menerapkan mindful eating dengan baik dan benar. Hal ini karena saat berpuasa kita sering merasa ingin makan ini dan itu tanpa mempertimbangkan nutrisi dan kalori. Padahal saat bulan ramadhan kita harus benar-benar menjaga tubuh kita agar lancar berpuasa dan sehat dalam menyambut hari raya.

Referensi:

10 Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Tubuh | HonestDocs

Inilah Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat (sehatq.com)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

manfaat blueberry untuk mencegah penuaan dini pada kulit
Beauty

7 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan Kulit

Dikenal dengan rasa yang manis dan nikmat, blueberry memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Dengan menjalankan pola hidup sehat, dan memilih nutrisi yang baik untuk